Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang AirAsia Kini Bisa "Nge-tweet" di Udara

Kompas.com - 02/07/2015, 10:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan layanan on-board WiFi atau layanan internet di dalam pesawat, maskapai AirAsia kini memperkenalkan layanan akses Twitter dalam penerbangannya.

Layanan akses Twitter dalam pesawat merupakan buah kerja sama AirAsia bersama dengan roKKI, perusahaan penyedia solusi hiburan dan konektivitas dalam penerbangan (Inflight Entertainment & Connectivity /IFEC).

"Bekerja sama dengan roKKi, kami menjadi layanan media sosial pertama yang tersedia via Wi-Fi dalam penerbangan AirAsia," ujar Arvinder Gujral, Director Business Development Twitter South Asia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (1/7/2015).

Peluncuran layanan Twitter dalam penerbangan dilakukan oleh CEO AirAsia Group, Tony Fernandes dalam penerbangan AirAsia AK5208. "Posting my first tweet from 30,000ft. And now you can, too. Congrats @rokki_official for bringing @Twitter to @AirAsia," tulis Tony dalam cuitannya, Selasa (30/6/2015).

Dengan diresmikannya layanan tersebut, kini penumpang AirAsia bisa menggunakan aplikasi Twitter selama penerbangan dengan membeli Paket roKKi Chats Instant Messaging (IM) yang di dalamnya sudah termasuk akses beberapa aplikasi seperti WeChat, WhatsApp, LINE, serta KakaoTalk.

Paket IM ini dijual seharga RM9 (sekitar Rp 33.000) dengan paket data sebesar 3 MB. AirAsia mengklaim layanan Wi-Fi dalam penerbangan ini tersedia di hampir 4.000 penerbangan tiap bulannya dan akan terus ditingkatkan seiring bertambahnya jumlah armada pesawat yang menyediakan layanan tersebut.

Armada pesawat yang memiliki fitur layanan internet dalam penerbangan ditandai dengan logo WiFi dengan tulisan "WiFi available" di pintu pesawat.

Layanan akses WiFi dan jejaring sosial ini sebelumnya juga telah diperkenalkan oleh maskapai Virgin Atlantic yang memberikan akses login Facebook satu kali secara gratis kepada penumpang dalam pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Penumpang B787 Dreamliner Virgin bisa berfoto selfie di dalam kabin pesawat, kemudian melakukan check-in, berbagi lokasi, dan upload foto ke Facebook dengan menggunakan WiFi onboard secara gratis dalam penerbangan.

Program yang diberi nama #SkyhighSelfie itu hanya satu dari beberapa layanan Virgin Atlantic dalam rute yang diterbangi pesawat B787 Dreamliner.

Virgin Atlantic bekerjasama dengan Jiffybots, aplikasi Facebook yang memungkinkan penggunanya check-in dan berbagi lokasi, untuk memberikan layanan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com