Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Urun Dana Ingin Bayar Utang Negara Bangkrut Yunani

Kompas.com - 03/07/2015, 11:16 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Indiegogo
KOMPAS.com - Yunani, salah satu negara maju di belahan benua Eropa, dinyatakan bangkrut. Negara yang dikenal sebagai negeri para dewa tersebut tidak sanggup mengembalikan utang sebesar 1,6 miliar euro atau setara dengan Rp 22 triliun kepada lembaga keuangan internasional, IMF.

Sebagai bentuk simpati kepada negara Yunani, seorang warga Inggris bernama Thom Feeney mengambil sebuah langkah yang tidak terduga sebelumnya. Ia berusaha menggalang dana dari warga dunia dengan cara membuat sebuah proyek di situs crowdfunding, Indiegogo.

"Crowdfunding pendanaan bailout untuk Yunani. Oleh masyarakat, untuk masyarakat," tulis Feeney di laman proyek Indiegogo.

Total pendanaan yang diharapkan oleh Feeney dalam proyek ini sebesar 1,6 miliar euro atau sama persis dengan besaran utang Yunani ke IMF.

Meski berjumlah luar biasa besar, Feemey yakin bahwa target pendanaan itu bisa tercapai.

"Uni Eropa merupakan rumah bagi 503 juta orang, jika semua menyumbangkan beberapa euro, maka kita bisa menyelesaikan masalah Yunani dan berharap mereka bisa segera kembali ke jalur. Mudah," ujar Feeney.

Menurut pantauan KompasTekno, jumlah sumbangan yang diterima hingga saat ini telah mencapai angka 1.586.523 euro dari 91.060 penyumbang. Memang masih sangat jauh dari target, tetapi sudah dinilai cukup banyak. Waktu pendanaan sendiri tersisa empat hari lagi.

Bagi yang menyumbangkan uangnya, Feeney berjanji untuk membalasnya dengan berbagai barang. Bagi penyumbang yang menyisihkan uang sebesar 25 euro dijanjikan untuk mendapat anggur Yunani. Sementara, sumbangan terkecil, 3 euro, akan mendapatkan kartu pos yang dicetak di Yunani.

Sedangkan, apabila proyek tidak berhasil, Feeney berjanji untuk mengembalikan semua uang kepada para penyumbang.

Meski terkesan mulia, sayangnya ada satu hal yang terlewat oleh Feeney. Apabila sebuah proyek berhasil, si pembuat proyek harus memotong uang sebesar 4 persen sebagai "uang jasa" bagi Indiegogo. Itu artinya, Feeney harus mencari uang tambahan lain untuk melunasi utang Yunani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Indiegogo

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com