Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Teratas di Kandang Apple Berkat Galaxy S6

Kompas.com - 03/07/2015, 13:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung mengambil alih posisi Apple sebagai pemimpin pangsa pasar ponsel di Amerika Serikat (AS). Hal ini didorong oleh duo perangkat baru Samsung, Galaxy S6 dan S6 Edge.

Perubahan penguasa pasar ponsel di AS sangat dinamis. Pada kuartal ketiga 2015 lalu, Apple masih memimpin dengan iPhone 6 dan 6 Plus-nya. Begitu juga pada kuartal pertama semenjak duo iPhone baru itu diluncurkan.

Namun, dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (2/7/2015), situasi berubah pada bulan Maret-Mei tahun ini. Samsung kembali berada di puncak pangsa pasar ponsel di AS menurut riset Kantar Worldpanel ComTech.

Pada periode pertengahan, di bulan April, iPhone 6 memang masih menjadi smartphone terpopuler di AS, ditempel ketat oleh Galaxy S5. Di bulan Mei, S6 baru menapakkan kakinya di puncak, membawa Samsung menjadi vendor nomor satu di AS.

Selain AS, pangsa pasar terbesar Samsung adalah wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia di dalamnya. Di wilayah tersebut, Samsung berhasil menjual 5,5 juta smartphone di kuartal pertama lalu.

Kepopuleran Samsung didukung oleh populernya sistem operasi Android yang saat ini menguasai pasar ponsel dunia. Samsung menjadi produsen smartphone Android terbesar di dunia.

Selain itu, jumlah varian smartphone Android yang diproduksi Samsung juga tergolong banyak, walau telah disederhanakan mulai akhir tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com