Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser CyanogenMod Bisa Internetan Offline

Kompas.com - 04/07/2015, 11:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus pengoprek custom ROM Android, CyanogenMod mengembangkan browser mobile Android baru berbasis Chromium, yang diberi nama Gello.

Di tengah persaingan browser mobile Android buatan pihak ketiga, Gello yang dibuat oleh CyanogenMod membedakan dirinya dengan menawarkan pilihan custom lebih banyak.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Kamis (2/7/2015), beberapa pengaturan yang bisa disetting sendiri oleh pengguna antara lain adalah menyimpan halaman untuk dibaca saat offline.

Selain itu, Gello juga menawarkan fitur menyimpan file yang di-download dari web, di lokasi berbeda sesuai yang diinginkan, sekaligus mengubah nama file tersebut.

Walau dikembangkan berdasar browser Chromium yang dikembangkaan Google, namun CyanogenMod menampik jika pihaknya mencuri ide dari Google, sebab Chromium bersifat opensource.

"Tim CyanogenMod tidak bermusuhan dengan Google, kami tidak mencuri hasil karya Google, saya pun juga tidak ingin kalian menghapus Chrome dari perangkat," ujar Joey Rizzoli, salah satu tim CyanogenMod.

"Anda selalu diberi pilihan untuk menginstall paket aplikasi Google bersamaan dengan CyanogenMod," imbuh Joe.

Belum ada kepastian kapan Gello mulai diluncurkan untuk publik, saat ini browser mobile Android tersebut masih dikembangkan.

Namun saat diluncurkan secara resmi nanti, Gello akan menjadi browser open source dan siapa saja bisa berkontribusi.

Berikut video presentasi Gello oleh CyanogenMod:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com