Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Jadinya iPhone 6 Dihantam Peluru AK-47

Kompas.com - 06/07/2015, 15:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Tiap kali Apple meluncurkan iPhone terbaru, beberapa pertanyaan standar siap dijawab, yakni terkait resolusi layar, ketahanan baterai, dan kualitas kamera.

Namun, ada pertanyaan-pertanyaan unik yang barangkali tak pernah terpikirkan oleh pihak Apple dan kebanyakan orang. Misalnya, "Berapa banyak jajaran iPhone yang harus disiapkan untuk menahan peluru dari senapan AK-47?"

Pengguna YouTube dengan akun EverythingApplePro berusaha menjawab pertanyaan itu. Perlu diketahui, AK-47 adalah senapan yang dirilis pada tahun 1974 dan digunakan pada konflik Rusia-Afganistan tahun 1979.

Senapan ini dibuat langsung oleh teknisi militer kenamaan, Mikhail Kalashnikov. AK-47 bisa melontarkan peluru dengan kecepatan 884 meter per detik. Jadi, kembali lagi, berapa iPhone yang harus dikorbankan untuk menahan peluru tersebut?

Untuk menemukan jawabannya, EverythingApplePro membuat penyandang ponsel dari kayu. Di situ, delapan ponsel dibariskan. Simak videonya pada tautan ini.

Pada garda depan, ia meletakkan tiga iPhone 6 Plus, menyusul dua iPhone 6s. Setelahnya, ada satu iPhone yang lebih kecil, satu iPhone "KW", dan sebuah Samsung Galaxy S6. Penembak berdiri kira-kira dua meter di depan barisan iPhone.

Setelah pengujian pertama, ternyata peluru dari AK-47 tersebut mampu menembus lima iPhone terdepan. Tiga ponsel setelahnya aman dari peluru. Namun, pada pengujian pertama, peluru menyentuh penyangga kayu sehingga hasil dinilai tidak akurat.

Selanjutnya, pengujian kedua dilakukan dengan lebih tepat menembak bagian tengah ponsel. Hasilnya, enam ponsel dirusak peluru. Namun, pada ponsel keenam, hanya layar yang pecah. Ketika dihidupkan, ponsel masih bisa bekerja normal.

Melihat spesifikasi peluru, iPhone dinilai cukup kuat menghadang serangan. Namun tetap saja, iPhone adalah ponsel cerdas, bukan peralatan anti-peluru. Jadi, jangan alih fungsikan perangkat cerdas ini sebagai pengaman tubuh Anda dari tembakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com