Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Makassar, 4G LTE Telkomsel Diklaim Tembus 72 Mbps

Kompas.com - 06/07/2015, 15:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Telkomsel telah menyiapkan 150 BTS (base transmission receiver) di kota Makassar untuk menggelar layanan 4G di kota tersebut.

"Jumlah itu sudah lebih dari separuh BTS yang saat ini dimiliki oleh Telkomsel di kota Makassar," ujar Mas'ud Khamid saat acara teleconference peresmian layanan 4G tahap kedua dengan Menkominfo Rudiantara, Senin (6/7/2015).

Cakupan BTS-BTS yang telah dimodernisasi oleh Telkomsel sehingga bisa melayani jaringan 4G adalah di area-area yang sifatnya memiliki kebutuhan data yang tinggi, seperti di bandara, mall, dan pusat-pusat keramaian lainnya.

Secara kualitas, Telkomsel mengklaim jaringan 4G di kota Makassar saat resmi diluncurkan memiliki kecepatan rata-rata 72 Mbps. "Angka ini akan terus kita jaga, demi memberikan layanan terbaik Telkomsel," imbuh Mas'ud.

Untuk memasyarakatkan layanan 4G LTE tersebut, Telkomsel menggelar 4G Carnival di Trans Studio Mall Makassar. Dalam dua hari penyelenggaraan, Telkomsel mengklaim sudah ada 2.000-an pelanggan yang menukarkan kartu SIM yang mendukung jaringan 4G.

Makassar merupakan kota ke-enam yang disambangi oleh jaringan 4G LTE Telkomsel. Namun kota ini menjadi yang pertama menyelenggarakan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz.

Sebelumnya, Telkomsel telah menggar layanan 4G LTE si frekuensi 900 MHz di Jakarta, Denpasar, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com