Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, 4G LTE Telkomsel Hadir di Manado

Kompas.com - 07/07/2015, 09:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Setelah secara resmi mengkomersilkan layanan 4G LTE tahap dua frekuensi 1.800 MHz di kota Makassar, Sulawesi Selatan, Telkomsel bergerak cepat untuk berekspansi ke kota lain di wilayah timur Indonesia.

"Setelah Makassar, berikutnya adalah kota Manado yang akan mendapat layanan 4G LTE Telkomsel," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah saat acara peresmian 4G LTE 1.800 MHz di Makassar, Senin (6/7/2015).

Menurut Ririek, rencananya Manado akan dijangkau oleh layanan akses internet mobile cepat Telkomsel itu sekitar akhir tahun nanti.

"Manado rencananya akhir tahun, setelah lebaran dan sebelum Natal," ujarnya.

Di kota Makassar sendiri saat ini Telkomsel memiliki basis pengguna sebanyak 4,5 juta. Sekitar 2.500 di antaranya telah menikmati layanan 4G LTE Telkomsel setelah resmi dikomersilkan.

Dari 2.500-an pelanggan 4G di Makassar tersebut, 80 persen di antaranya adalah pelanggan lama yang melakukan upgrade kartu, atau menukarkan kartu SIM biasa dengan uSIM yang mendukung koneksi data kecepatan tinggi.

Saat ditanya berapa target jumlah pelanggan 4G Telkomsel di kota Makassar, Direktur Penjualan Telkomsel, Mas'ud Khamid tidak menyebut angka secara pasti.

"Kita menyiapkan 150 BTS 4G, sementara satu BTS saja bisa melayani 4.000 pelanggan di suatu wilayah," ujar Mas'ud.

Secara nasional, Mas'ud mengklaim, Telkomsel saat ini memiliki sekitar 700.000 pelanggan 4G di seluruh Indonesia. Mas'ud optimis jumlah pelanggan 4G Telkomsel secara nasional hingga akhir tahun nanti bisa mencapai 1 juta orang.

Walau Makassar menjadi kota ke-enam yang disambangi oleh jaringan 4G LTE Telkomsel, namun kota ini menjadi yang pertama menyelenggarakan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz.

Sebelumnya, Telkomsel telah menggar layanan 4G LTE di frekuensi 900 MHz di kota Jakarta, Denpasar, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com