Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Kebut "Sejuta" Pelanggan 4G LTE

Kompas.com - 07/07/2015, 12:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - XL Axiata saat ini memiliki sekitar 200.000 pelanggan data seluler 4G LTE. Angka itu masih kecil dibandingkan jumlah keseluruhan pelanggan smartphone XL yang mencapai kisaran 17,2 juta.

Kini, dengan bergulirnya komersialisasi layanan 4G LTE tahap ke dua di spektrum 1.800 MHz, operator seluler tersebut optimis bisa merangkul lebih banyak pelanggan 4G LTE di jaringannya.

"Kami menargetkan peningkatan ratusan persen," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan saat dijumpai usai acara peluncuran layanan 4G LTE di Mataram, Lombok, NTB, hari Senin (6/7/2015) kemarin.

"Ya, Insya Allah sampai," jawab Ongki ketika ditanya apakah pihaknya bisa mengumpulkan pelanggan 4G LTE hingga 1 juta pada akhir tahun 2015.

Dia menambahkan bahwa XL sekarang telah mengaktifkan 200 BTS 4G LTE yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah BTS 4G di suatu daerah bervariasi. Di Lombok, misalnya, XL mengoperasikan 14 BTS 4G LTE, sementara di kota Makassar, Sulawesi Selatan, hanya 1 buah yang tersedia.

"Tapi tentu ini karena masih awal saja. Kedepannya akan kami tambah," imbuh Ongki.

Dari 2G langsung ke 4G

XL Axiata sekarang telah menggelar layanan 4G di sejumlah kota di Indonesia, yakni Bogor, Medan, Yogyakarta, Mataram, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Denpasar dan Surabaya dijadwalkan menyusul pada minggu ketiga September mendatang, sementara Jakarta baru akan mendapat 4G LTE XL di urutan terakhir pada November, sesuai dengan jadwal penataan ulang spektrum 1.800 MHz yang disepakati bersama oleh pemerintah dan para operator seluler.

Spektrum 1.800 MHz XL masih banyak dihuni oleh pelanggan layanan 2G yang jumlahnya mencapai 70 persen dari keseluruhan jumlah pelanggan operator seluler tersebut.

Ongki mengatakan pihaknya berupaya mendorong para pelanggan 2G beralih agar bisa mengalokasikan pita yang lebih lebar di spektrum 1.800 untuk layanan 4G.

"Jadi, kami arahkan agar dari 2G langsung beralih ke 4G LTE," kata Ongki.

"Misalnya, kami menawarkan program bundling handset 4G dengan layanan seluler XL di daerah-daerah yang banyak memiliki pelanggan 2G, juga mengedukasi pelanggan agar menukar kartu SIM dengan, USIM card baru yang bisa dilakukan tanpa menunggu ketersediaan jaringan 4G LTE," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com