Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkominfo Siap-siap 4G LTE Tahap Berikutnya

Kompas.com - 07/07/2015, 12:56 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Setelah resmi menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersiap untuk menggelar layanan 4G di dua frekuensi lain, yaitu 2.100 MHz (2,1 GHz) dan 2.300 MHz (2,3 GHz).

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam kesempatan teleconference dengan perwakilan lima operator seluler penerima SKLO di Makassar, pada Senin (6/7/2015) pun membeberkan rencana penataan kedua jaringan tersebut.

"Ini (yang diresmikan) baru  (frekuensi) 1.800 MHz, tahun depan mulai (dibuka peluang) 2,1 GHz, setelah itu akhir tahun depan baru 2,3 GHz," ujar Menkominfo Rudiantara.

Seperti diketahui, di frekuensi 2,1 GHz, saat ini pemerintah memiliki alokasi 60 MHz yang dihuni oleh Tri (10 MHz), Telkomsel (15 MHz), Indosat (10 MHz), dan XL (10 MHz), serta dua blok dengan total spektrum 10 MHz yang masih kosong setelah ditinggalkan oleh operator seluler Axis, setelah diakuisisi oleh XL Axiata tahun lalu.

Jika pemerintah akan melakukan tender untuk frekuensi 2,1 GHz, maka kemungkinan proses refarming (penataan jaringan) seperti pada pita frekuensi 1.800 MHz juga bisa terjadi.

"Tergantung nanti siapa pemenang lelangnya, nanti baru ketahuan contagious atau nggak, kalau iya (contagious) ya ada refarming (penataan ulang) lagi," ujar Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kalamullah Ramli di sela acara peresmian 4G tahap dua di Makassar.

Menkominfo Rudiantara sendiri telah mewacanakan implementasi 4G LTE di frekuensi 2.100 MHz setelah penataan frekuensi 1.800 MHz selesai dilakukan di seluruh cluster di Indonesia.

Saat ini, penataan frekuensi baru berjalan untuk kawasan Indonesia bagian timur yang rencananya selesai sebelum Idul Fitri 2015.

Sementara untuk Indonesia bagian barat, penataan 4G LTE 1.800 MHz diperkirakan selesai pada akhir tahun 2015. Dengan demikian, seluruh wilayah Indonesia diharapkan mampu mendapatkan layanan 4G dari masing-masing operator pada akhir tahun nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com