Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Lombok Melaut dengan Aplikasi Android XL

Kompas.com - 08/07/2015, 09:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pertama diluncurkan Februari lalu, aplikasi mFish dari  operator XL Axiata telah digunakan oleh 250 nelayan di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Informasi itu disampaikan di sela-sela acara peresmian layanan 4G LTE tahap kedua XL di Mataram, Lombok, NTB, hari Senin (6/7/2015).

“Angka tersebut sudah jauh lebih besar dibandingkan 40 nelayan pada Februari lalu. Ke depan, kami menargetkan mFish sudah dipakai oleh 1.500 nelayan di NTB pada akhir 2015,” ujar GM Corporate Communications Management XL Tri Wahyuningsih saat dijumpai di sela acara.

mFish sendiri adalah aplikasi Android khusus untuk nelayan yang memberikan informasi tentang laut dan ikan. mFish beroperasi menggunakan koneksi data internet hingga 3-4 kilometer dari lepas pantai sesuai jangkauan BTS. Setelah itu ia beralih menggunakan GPS.

Informasi yang disajikan antara lain mencakup keterangan cuaca, peta keberadaan plankton sebagai indikator daerah laut yang banyak menyimpan ikan, harga ikan di pasaran, dan ketinggian ombak.

“Dengan mFish, nelayan Lombok jadi lebih percaya diri melaut. Mereka juga bisa mengetahui arah pulang dengan mFish. Itu penting karena setiap tahun ada banyak nelayan yang hilang karena tak tahu arah pulang,” tambah Wahyuningsih yang biasa dipanggil Ayu.

Tantangan

XL Axiata mengembangkan mFish sebagai wujud sinergi dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan  serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

XL menyalurkan paket mFish ke nelayan yang terdiri dari keperluan-keperluan untuk memakai smartphone di tengah laut, seperti ponsel, buku panduan pemakaian dan pengisi baterai bertenaga surya (solar charger).

Ayu mengakui pihaknya masih menemuii tantangan berupa upaya edukasi yang mesti dilakukan agar para nelayan bisa memakai aplikasi mFish dengan optimal untuk meningkatkan produktivitas.

“Misalnya saja, dengan menerangkan cara pemakaian yang benar seperti membuka aplikasi saat masih sedang berada di pantai untuk melakukan loading data sebelum berada di luar jangkauan sinyal BTS,” terang Ayu.

Selain provinsi NTB, XL berniat mengembangkan mFish untuk dipakai oleh para nelayan di daerah lain seperti Kendari, Tegal, dan Karimun Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com