Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kecepatan 4G LTE "1.800 MHz" XL?

Kompas.com - 08/07/2015, 10:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Awal minggu ini, tiga operator seluler secara serentak meresmikan layanan jaringan berkecepatan tinggi 4G LTE tahap ke dua di spektrum 1.800 MHz.

Berapa kecepatan yang bisa didapatkan pelanggan dari layanan 4G LTE ini? Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan sedikit memberikan gambaran dalam acara peluncuran layanan 4G LTE tahap ke dua XL di Mataram, Lombok, NTB, Senin (6/7/2015) kemarin.

“Kecepatan maksimal itu sebenarnya tergantung lebar pita frekuensi yang dialokasikan, tapi bisa mencapai kisaran 70 Mbps atau lebih,” kata Ongki.

XL memiliki jatah lebar pita 22,5 MHz di spektrum 1.800 MHz setelah akuisisi Axis dirampungkan tahun lalu. Dari jumlah tersebut, GM Corporate Communications Management XL Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa sebanyak 10-15 MHz dialokasikan untuk  melayani pelanggan 4G LTE XL Axiata.

Alokasi frekuensi yang besarnya bervariasi antar daerah inilah, antara lain, yang menentukan bandwidth maksimum untuk 4G LTE. “Kalau lebarnya 10 MHz, speed-nya bisa sampai 70 Mbps. Nah, kalau 15 MHz, bisa tembus 100 Mbps,” papar wanita yang akrab disapa Ayu ini.

Tinggalkan 900 MHz

Angka-angka di atas lebih besar dibandingkan kecepatan maksimum yang dijanjikan XL Axiata lewat layanan 4G LTE tahap pertamanya di spektrum 900 MHz.

Untuk spektrum 900 MHz, XL Axiata hanya memiliki jatah lebar pita 7,5 MHz. Hanya 5 MHz yang bisa dialokasikan untuk layanan 4G LTE di spektrum itu sehingga secara teoritis kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan terbatas di 35 Mbps.

Sebab itulah, menurut Ongki, XL Axiata tak akan mengembangkan lebih jauh cakupan layanan 4G LTE XL di spektrum 900 MHz yang baru tersedia di tiga kota. Untuk pengembangan selanjutnya, XL akan mengedepankan layanan 4G LTE di spektrum 1.800 MHz. 

"Untuk layanan 4G LTE di tiga kota itu pun (Bogor, Medan, dan Yogyakarta) nantinya akan dialihkan dari 900 MHz ke 1.800 MHz,” ujar Ongki.

“Dari awal kami sudah meyakini yang terbaik adalah 1.800 MHz. Ekosistem 4G LTE di seluruh dunia juga kebanyakan memakai frekuensi itu sehingga banyak handset yang mendukung,” imbuhnya. Saat ini, XL Axiata baru mengaktifkan sekitar 200 Base Transciever Station (BTS) 4G LTE di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah BTS 4G LTE yang tersedia bervariasi di masing-masing daerah.

Di kota Mataram, Lombok, NTB, yang menjadi lokasi peluncuran layanan 4G LTE tahap kedua XL, misalnya, operator seluler ini mengaktifkan 14 BTS 4G LTE. Sementara di kota Makassar, Sulawesi Selatan, operator seluler ini baru mengoperasikan 1 BTS 4G LTE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com