Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Apple Watch Turun Drastis

Kompas.com - 08/07/2015, 12:45 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Di awal kemunculannya, Apple Watch begitu mendominasi pasar smartwatch di Amerika Serikat. Namun kini, penjualan perangkat itu dikatakan sudah menurun sangat drastis.

Hingga saat ini, Apple memang belum pernah membeberkan angka penjualan dari Watch. Namun, perusahaan analis Slice Intelligence mengklaim telah memiliki data untuk memberikan sedikit gambaran penjualan smartwatch pertama Apple ini.

Pada masa penjualan perdananya di AS, Apple mampu meraih pendapatan besar berkat tingginya penjualan Watch. Pada bulan April, bulan penjualan perdana Watch, perangkat itu dikatakan berhasil terjual 200.000 unit per harinya.

Phone Arena Jumlah penjualan harian Apple Watch menurun tajam
Tingkat penjualan produk baru biasanya memang bakal terus menurun seiring berjalannya waktu. Namun, tingkat pemasaran Apple Watch belakangan ini dikatakan menurun sangat drastis, hingga 90 persen.

Seperti KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (8/7/2015), di Juni 2015, penjualan perangkat tersebut dikatakan hanya mencapai 20.000 unit per harinya.

Masih menurut lembaga analis Slice Intelligence, penjualan Apple Watch didominasi model menengah, yakni Apple Watch Sport. Perangkat itu sendiri memiliki banderol harga 349 dollar AS atau sekitar Rp 4,7 juta.

Sementara itu, Apple Watch yang memiliki tubuh berlapis emas, Edition, baru terjual kurang dari angka 2.000 unit di AS. Memang angkanya terlihat masih sangat sedikit, tetapi melihat banderol harganya, seharusnya Apple sudah mendapatkan untung yang lumayan banyak.

Slice Intelligence mengaku mendapatkan data tersebut dari e-receipt yang diberikan oleh orang yang belanja Apple Watch melalui dunia online. Lembaga tersebut menyatakan ada sekitar 2,5 juta responden yang mengikuti survei.

Data penjualan tersebut memang tidak mungkin 100 persen akurat atau sama dengan data yang dipegang oleh Apple. Namun, setidaknya data itu bisa memberikan sedikit gambaran mengenai penjualan Watch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com