Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PewDiePie, Jadi Jutawan Cuma dengan Main Game

Kompas.com - 09/07/2015, 12:20 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber BBC.com
Dulu, bermain game seringkali dianggap sebagai hiburan dan cara membuang waktu saja. Tapi kini seorang gamer bernama PewDiePie membuktian sebaliknya dengan meraup jutaan dolar hanya dengan bermain game.

PewDiePie yang bernama asli Felix Kjellberg itu tak sekadar duduk menghadap monitor sambil menggenggam stick controller. Saat memainkan suatu game, dia akan membuat narasi dan merekam reaksi-reaksi serta gameplay-nya sepanjang permainan.

Selanjutnya, rekaman itu diunggah ke YouTube, tempatnya memperoleh banyak view dan followers hingga menghasilkan uang jutaan dollar AS.

Tahun lalu, saat berusia 24 tahun, dia disebut telah berhasil meraih 4 juta dollar AS atau sekitar Rp 53 miliar per tahun. Ketika itu terjadi, followers akun YouTube PewDiePie baru 27 juta orang.

Sekarang, dia memiliki 37,7 juta orang followers, lebih banyak dibangdingkan akun musisi Taylor Swift atau One Direction. Dan perusahaan miliknya, PewDiePie Production pun diperkirakan sudah menghasilkan uang senilai 7,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 98,7 miliar pada 2014.

"Tampaknya dia adalah sosok yang menarik bagi para remaja dan pemuda yang beranjak dewasa. Rasanya agak aneh membayangkan seseorang bisa mendapatkan penghasilan besar dari YouTube, tapi hampir setengah pendudukan Inggris menyaksikan videonya," komentar Ian Maude dari Ember Analysis, seperti dilansir Nextren dari BBC, Rabu (8/7/2015).

YouTube sendiri masih dipandang sebagai platform yang menguntungkan bagi kreator konten videonya. Para pembuat konten video akan mendapat uang dari iklan-iklan yang dipasang di YouTube, terutama pada video ciptaannya.

Iklan yang dimaksud bisa saja berupa endorsement berbayar untuk produk tertentu atau penempatan biasa. Namun menurut Kjellberg, dia termasuk yang jarang mengambil endorsement macam itu.

"Saya mendapatkan uang lebih dari kecukupan saat berada di YouTube. Dengan kebebasan itu, juga dengan tetap menghormati para fans. Pada akhirnya saya tidak sering-sering melakukan endorsement seperti itu," ujar Kjellberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com