Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Uji Coba Pengiriman Pos dengan "Drone"

Kompas.com - 13/07/2015, 13:13 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Rupanya bukan cuma retailer online Amazon yang berminat memanfaatkan "jasa" drone sebagai kurir pengantar barang. Swiss pun telah bereksperimen dengan melakukan hal serupa untuk keperluan pengiriman pos.
 
Dirangkum Kompas Tekno dari The Guardian, Minggu (12/7/2015), dinas pos Swiss pada minggu lalu menunjukkan drone yang sedang diuji coba hingga akhir Juli mendatang. Alat tersebut merupakan quadcopter dengan empat baling-baling. Di tengahnya ada kotak berwarna kuning bertuliskan logo dinas Swiss Post.
 
"Drone ini sangat ringan dan bisa mengantarkan barang sebesar satu kilogram hingga sepuluh kilometer dengan sekali pengisian baterai," sebut Swiss Post dalam sebuah pernyataan.
 
Drone tersebut sepenuhnya terbang secara otomatis, mengikuti jalur penerbangan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh software navigasi berbasis close yang dikembangkan oleh Matternet, perusahaan AS yang juga berperan sebagai pembuat drone milik Swiss Post.
 
Dinas pos Swiss kini sedang menguji coba aneka kemungkinan skenario penggunaan, termasuk pengiriman paket kilat dan bantuan darurat untuk daerah yang terkena bencana. Drone memang bisa sangat berguna untuk negeri yang dikenal dengan daerah pegunungannya serta memiliki banyak desa terpencil itu.
 
Namun, drone masih belum akan berseliweran di Pegunungan Alpen dalam waktu dekat. "Sebelum drone secara realistis bisa digunakan dalam waktu sekitar lima tahun ke depan, masih banyak persyaratan yang harus diklarifikasi," kata Swiss WorldCargo, perusahaan yang bekerja sama dengan Swiss Post dalam proyek drone ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com