Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android BlackBerry Tak Hanya Satu

Kompas.com - 13/07/2015, 20:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry dikabarkan bukan hanya membuat satu atau dua smartphone Android, seperti yang dirumorkan selama ini, melainkan lebih banyak lagi.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Senin (13/7/2015), BlackBerry bekerja sama dengan beberapa ODM (Original Device Manufacturer) asal Taiwan termasuk Foxconn, Compal Electronics, dan Wistron untuk membuat lebih banyak perangkat Android di masa mendatang.

Menurut sumber yang tidak mau disebut namanya, walau menggunakan sistem operasi Android, namun ponsel BlackBerry tersebut tetap menggunakan software, aplikasi, dan layanan BlackBerry, seperti BES12, BBM, dan BlackBerry Blend.

Langkah itu ditempuh BlackBerry agar pengguna yang selama ini tidak familiar dengan Android bisa dengan mudah mempelajarinya.

Selain itu, fitur-fitur BlackBerry yang disertakan dalam smartphone Android-nya juga disebut bakal menjadi nilai tambah dan pembeda dalam persaingan smartphone yang sudah ketat ini.

BlackBerry tidak akan menanggung biaya riset dan pengembangan, pemasaran, serta distribusi smartphone-smartphone Android tersebut, melainkan dibebankan kepada para ODM di atas tadi.

Mampukah para ODM membuat smartphone sesuai permintaan BlackBerry? Atau mampukah smartphone Android membantu BlackBerry dari keterpurukan, atau malah justru sebaliknya? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Sebelumnya, BlackBerry dikabarkan bakal meluncurkan smartphone Android pada bulan Agustus mendatang. Rumor tersebut berasal dari Situs N4BB yang menyebut BlackBerry sedang menyiapkan ponsel Android dengan nama sandi "Prague."

Smartphone tersebut ditujukan bagi kelas low-end dengan spesifikasi rendah. "Prague akan menjadi smartphone (Android) low-end BlackBerry dengan bentuk menyerupai Z3," demikian tulis N4BB seperti dikutip KompasTekno (19/6/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com