Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nexus Buatan Huawei Meluncur Akhir Tahun?

Kompas.com - 14/07/2015, 10:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Tahun ini, ada kemungkinan besar Google meluncurkan ponsel Nexus pertama yang dibuat di Tiongkok. Huawei, yang merupakan rekanan Google dalam produksi ponsel flagship tersebut, dikabarkan sudah mulai menyiapkan lini produksi mereka.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (13/7/2015), Huawei diprediksi tidak akan menunggu lama untuk peluncurannya. Mereka berencana merilis ponsel Nexus buatan mereka pada musim gugur tahun ini.

Rumor soal ponsel Nexus dari Tiongkok itu sudah beberapa kali terdengar. Bulan lalu, sumber yang menolak disebutkan namanya mengklaim Nexus terbaru sudah pasti dibuat Huawei, meskipun spesifikasi dan peluncurannya masih misterius.

Sedangkan sumber lainnya, pada Mei lalu, mengatakan akan ada dua ponsel Nexus pada tahun ini. Ponsel pertama berukuran 5,7 inci dan dibuat oleh Huawei, sedangkan ponsel kedua berukuran 5,2 inci dan dibuat oleh LG.

Proyek ponsel dan tablet Nexus tersebut memang digilir ke rekan-rekan Google yang memproduksi gadget Android. Contohnya pada dua ponsel Nexus 5 dan Nexus 6 terakhir, masing-masing dibuat oleh LG dan Motorola.

Selain soal Nexus, kerjasama antara Huawei dan Google terlihat bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Perusahaan Tiongkok itu bisa mendapat bantuan Google untuk memasarkan produk masa depannya, seperti Huawei Watch. Ponsel Nexus juga bisa membantu meningkatkan kredibilitasnya di pasar Amerika Serikat, yang selama ini sulit ditembus.

Tiongkok juga merupakan pasar yang sulit ditembus bagi Google karena pemerintah setempat melarang mereka berbisnis di sana. Namun kerjasama dengan Huawei diprediksi bakal membantu mereka menembus aturan itu, misalnya dengan mendirikan toko aplikasi khusus Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com