Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertanyalah, maka Google Menjawab

Kompas.com - 17/07/2015, 12:00 WIB

Oleh: Didit Putra Erlangga Rahardjo

OK Google...

Ucapkan saja sekali di telepon seluler Anda, maka layarnya berganti putih dengan ikon mikrofon berwarna merah segera berpendar. Muncul tulisan "listening" atau "sedang mendengarkan" permintaan pengguna selanjutnya. Di beberapa jenis ponsel, hal itu bisa dilakukan segera, tetapi kebanyakan harus didahului dengan mengaktifkan aplikasi Google yang terpasang secara otomatis di setiap ponsel yang menggunakan sistem operasi Android.

Fitur pencarian suara tersebut merupakan bagian dari Google Now, sebuah inisiatif untuk menghadirkan asisten virtual untuk setiap pengguna ponsel Android. Pengguna bisa mencari segala informasi dan polanya akan dicatat untuk menghadirkan informasi yang relevan. Misalkan seorang pengguna yang kerap mencari informasi terkait dengan satu kesebelasan atau produk ponsel tertentu akan mendapatkan informasi yang rutin terkait hal tersebut.

Google Now juga mengumpulkan sebagian data yang dikumpulkan ponsel dari penggunanya untuk memberikan informasi yang dianggap penting. Itulah mengapa tidak perlu kaget bila tiba-tiba mendapat pemberitahuan di layar bahwa 30 menit lagi sudah waktunya untuk pulang ke rumah. Informasi tersebut dihasilkan dari waktu yang dihabiskan antara malam hingga pagi hari dan jam kerja, dari sanalah algoritma menyimpulkan lokasi rumah dan kantor dan jam pulang.

Tidak jarang, informasi yang ditawarkan bisa melintasi kewajaran bagi setiap orang. Apabila kotak surat elektronik kita mendapatkan informasi terkait dengan penerbangan yang akan dilakukan, data tersebut bisa diintip oleh Google dan juga dihadirkan dalam bentuk kartu, mengingatkan pada hari keberangkatan mengenai nomor penerbangan dan jam untuk keberangkatan.

Jason Tedjasukmana, Kepala Komunikasi Google Indonesia, menuturkan, algoritma mesin pencarian akan makin pintar apabila sering digunakan. Yang dimaksud dengan pintar adalah mesin pencari ini makin mengerti dengan apa yang kita butuhkan karena mampu mengerti konteks dari kata-kata atau perintah yang dimasukkan ke bilah mesin pencari.

Misalnya, pertanyaan "Siapa istri Raffi", akan langsung menghasilkan rentetan informasi terkait Nagita Slavina, artis yang menikah dengan Raffi Ahmad tahun 2014. Hasil tersebut bisa muncul berdasarkan tiga kata di bilah mesin pencari tanpa harus memberikan informasi lain karena algoritma dari Google mencari sendiri, setidaknya dari beberapa faktor, seperti lokasi pengguna, riwayat pencarian, serta tren pencarian di kawasan tersebut pada waktu bersamaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com