Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Lalu Lintas Data Telkomsel Tembus 1,5 Juta GB

Kompas.com - 18/07/2015, 11:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel mencatat kenaikan lalu lintas (traffic) jaringan di malam Lebaran Idul Fitri 1436 H, Kamis (16/7/2015). Untuk layanan data, terjadi kenaikan 130 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kenaikan data tersebut menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (17/6/2015), secara signifikan terjadi di area Jawa-Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara).

Di area-area tersebut, terjadi peningkatan penggunaan data hingga lebih dari 156 persen hingga 452 ribu Gigabyte (GB). Disusul dengan Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan kenaikan hingga 138 % menjadi sekitar 312 ribu GB.

Secara total, kenaikan layanan data Telkomsel di seluruh Indonesia meningkat 1,55 juta GB. Dibandingkan dengan hari biasa, kenaikan layanan data meningkat 17 persen.

Sementara itu, layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penurunan sekitar 6 persen menjadi 952 juta SMS. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama pada tahun 2014.

Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik SMS turun sebesar 3 persen.

Untuk layanan suara, lalu lintas di malam takbiran naik sebesar 18 persen menjadi sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama pada tahun 2014.

Sementara jika dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik voice turun sebesar 9 persen.

“Hasil pemantauan kami di tahun ini terhadap trafik di malam takbiran menunjukkan bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai salah satu pilihan utama untuk berkomunikasi di momen Lebaran," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati.

Telkomsel mengklaim tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 %.

Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan diklaim mencapai lebih dari 98 %, yang artinya tidak ada masalah yang berarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com