Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Kamera “Mirrorless 4K” Terkecil di Dunia

Kompas.com - 22/07/2015, 17:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Rata-rata kamera mirrorless memang lebih kecil dibandingkan saudaranya, DSLR tradisional. Tapi yang satu ini ukurannya terbilang sangat mungil sambil tetap mempertahankan fitur-fitur teranyar, seperti perekaman video 4K.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PetaPixel, Rabu (22/7/2015), kamera bernama E1 besutan perusahaan Z Camera yang diperkenalkan akhir minggu lalu itu pun diklaim sebagai “Mirrorless 4K” terkecil di dunia.

Besarnya kurang lebih sama dengan kamera aksi GoPro. Bentuknya yang nyaris persegi juga mirip. Bedanya, E1 dibekali sensor yang lebih besar (micro four thirds, 16 megapixel) sehingga menjanjikan kualitas gambar lebih bagus dan lensanya bisa digonta-ganti.

Z Camera Z Camera E1 memiliki layar LCD 2,5 inci di bagian belakang

Jumlah lensa micro four thirds yang bisa dipasangkan ke E1 mencapai 60 buah dari segala jenis, mulai ultra wide, fish-eye, hingga super tele dan macro, termasuk lensa-lensa bikinan Panasonic dan Olympus yang juga tergabung dalam konsorsium Four Thirds.

E1 sendiri mampu merekam video 4K (4096x2160) dengan frame rate 24 FPS atau video ultra-HD (3840x2160) dengan frame rate 30 FPS.

Z Camera Z Camera E1 memiliki mounting lensa jenis micro four-thirds

Dengan rentang sensitivitas hingga ISO 102.400 dan teknologi noise filtering 3D baru, ia dijanjikan bisa menghasilkan jepretan low-light yang “luar biasa”.

Spesifikasi lain termasuk layar LCD 2,5 inci di bagian belakang, baterai yang bisa bertahan selama 45 menit untuk merekam video 4K, Bluetooth, serta WiFi untuk koneksi dengan smartphone Android atau iOS.

Contoh hasil jepretan Z Camera E1 bisa dilihat di tautan berikut. Adapun sample video 4K hasil rekamannya tersedia di link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com