Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Smartphone" dengan Layar Antikuman Pertama

Kompas.com - 23/07/2015, 14:12 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Gizmochina
KOMPAS.com — Nama ZTE di dunia memang belum begitu besar, jika dibandingkan dengan nama seperti Apple dan Samsung. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghalangi perusahaan asal Tiongkok ini dalam merilis berbagai smartphone kelas atas.

Belum lama ini, ZTE telah merilis dua ponsel flagship terbarunya yang dinamakan Axon dan Axon Lux di negara asalnya. ZTE tampak serius dalam menggarap kedua smartphone tersebut, tampak dari berbagai fitur menarik yang diusungnya.

Salah satunya adalah penggunakan layar kaya bernama Antimicrobial Gorilla Glass buatan Corning. Seperti namanya, layar tersebut memiliki sebuah lapisan antibakteri. Perannya untuk membuat layar secara relatif bebas dari kuman.

ZTE Axon sendiri merupakan seri smartphone pertama di dunia yang menggunakan layar antibakteri tersebut.

Baik ZTE Axon maupun Axon Lux hadir dengan fitur keamanan yang relatif lebih canggih dari perangkat lain. Perusahaan yang besar di dunia telco ini mempersenjatai keduanya dengan tiga sensor biometrik sekaligus. Ketiganya, seperti KompasTekno rangkum dari GizmoChina, Rabu (22/7/2015), terdiri dari sensor pemindai sidik jari, suara, dan bola mata.

Dari segi spesifikasi, ZTE pun tampak tidak main-main dengan menghadirkan berbagai hardware terbaru.

Axon bakal dirilis dengan layar TFT berbentang 5,5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel. Tingkat kerapatannya sebesar 401 piksel per inci.

Ia juga dilengkapi dengan SoC Snapdragon 810 buatan Qualcomm, RAM 3 GB, dan media penyimpanan berkapasitas 32 GB yang dapat ditingkatkan hingga 128 GB menggunakan kartu microSD.

Ada juga kamera 13 megapiksel di bagian belakang, 2 kamera megapiksel di bagian depan, OS Android 5.0.2 Lollipop, dan baterai 3.000 mAh.

Dari segi desain, Axon Lux sama persis dengan Axon. Bedanya, perangkat yang satu ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi ketimbang saudaranya itu.

Axon Lux dilengkapi layar CGD TFT 5,5 inci dengan dukungan resolusi 2.560 x 1.440 piksel. Tingkat kerapatannya mencapai 534 piksel per inci.

Untuk urusan "jeroan", Axon Lux dilengkapi dengan SoC Snapdragon 810, RAM 4 GB, dan media penyimpanan superbesar 128 GB yang dapat ditambah dengan kartu microSD 128 GB (total 256 GB). Selebihnya, Axon Lux memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Axon.

Dari segi harga, ZTE Axon versi standar dijual dengan harga 2.699 yuan atau sekitar Rp 5,8 juta. Sementara itu, Axon Lux memiliki harga sedikit lebih tinggi, yakni 3.888 yuan atau sekitar Rp 8,3 juta.

Masih belum ada informasi apakah seri Axon bakal dirilis di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com