Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Aplikasi Email Mirip WhatsApp dan SMS

Kompas.com - 24/07/2015, 10:38 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft merilis layanan e-mail termutakhir bertajuk "Send". Untuk sementara, aplikasi ini hanya bisa dijajal oleh pengguna iOS. Windows Phone dan Android akan menyusul kemudian.

Hal yang menjadi ciri khas "Send" adalah antarmukanya yang lebih mirip aplikasi SMS atau WhatsApp ketimbang aplikasi e-mail. Sebab, Microsoft memangkas kolom subjek dan langsung menghubungkan pengguna ke daftar kontak di ponsel.

Menurut perusahaan yang didirikan Bill Gates ini, tampilan e-mail selama ini cenderung kaku dan tak praktis. Di era modern seperti sekarang, tampilan aplikasi jenis itu dikatakan harus turut bertransformasi.

Melalui aplikasi ini, pengguna tak perlu lagi berlama-lama menulis subjek untuk mengirimkan dokumen penting ke rekan kerja. Selain itu, untuk mengetahui respons lawan bicara, Send juga memperlihatkan petunjuk ketika lawan bicara sedang mengetik untuk membalas email.

Aplikasi ini benar-benar seperti SMS atau WhatsApp tapi mengakomodir kemampuan-kemampuan email.

"Prinsip desain aplikasi kami adalah menciptakan perbincangan yang cepat dengan orang-orang penting di sekitar pengguna," begitu tertulis pada blog resmi Microsoft Office, yang dihimpun KompasTekno, Jumat (24/7/2015).

Bagi pengguna perangkat iOS, "Send" dapat diunduh di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com