BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Silaturahmi di Era Teknologi: Smartphone RAM Besar Belum Tentu Lebih Lega

Silaturahmi di Era Teknologi: Smartphone RAM Besar Belum Tentu Lebih Lega

Kompas.com - 24/07/2015, 17:10 WIB
COPYWRITER

Penulis

KOMPAS.com – Kini smartphone menjadi perangkat yang multifungsi. Apalagi di masa-masa pasca Lebaran ini, ponsel pintar tidak lagi hanya jadi alat berkomunikasi dengan keluarga, tetapi juga untuk menjalankan berbagai aplikasi lain, seperti foto, browsing, dan bermain media sosial. Jadi, tidak heran jika di era ini semakin banyak ponsel pintar yang mengunggulkan RAM berkapasitas besar.

Banyak orang menganggap dengan kapasitas RAM yang besar pengguna bisa semakin lancar menjalankan aplikasi. Itu memang betul, tetapi sesungguhnya manajemen RAM pada sebuah Operating System (OS) Android adalah hal penting yang paling berpengaruh untuk mengoptimalkan kinerja smartphone.

OS yang digunakan di ponsel pintar Anda memakan banyak kapasitas RAM yang tersedia. Kinerja RAM yang baik berkaitan dengan dukungan prosesor dan OS yang optimal. Maka, bisa saja smartphone dengan RAM 3 GB menyisakan ruang lebih banyak dari RAM berkapasitas 4 GB.

Seperti pada smartphone OPPO R7, smartphone pertama OPPO dengan RAM 3 GB. OPPO R7 diklaim dapat dioperasikan lebih cepat, karena telah menggunakan sistem operasi ColorOS versi terbaru, yakni ColorOS 2.1.

OS ini tidak hanya membawa fitur-fitur baru dan optimalisasi RAM yang lebih stabil dan hemat, tetapi juga membawa peningkatan pesat dari versi sebelumnya, yakni pada kompresi RAM yang lebih baik.

ColorOS 2.1 didesain dengan tampilan UI yang lebih ringan, sehingga lebih cepat dioperasikan. Ini juga berdampak pada penggunaan RAM yang lebih kecil, yakni 30% penggunaan RAM dari versi ColorOS sebelumnya. Seperti pada R7 saat diaktifkan yang memiliki kapasitas RAM bebas sebesar 2.3 GB.

Optimalisasi ColorOS juga dilakukan dengan fitur “Smart Clean”. Jika dalam waktu 10 menit smartphone tidak digunakan maka ColorOS akan secara otomatis menghapus aplikasi yang berjalan berdasarkan durasi penggunaanya. Fitur ini tidak hanya membuat ruang bebas pada RAM namun juga berpengaruh pada minimalisasi daya prosesor sehingga akan lebih hemat baterai.  

Kompresi RAM yang optimal juga mempengaruhi keseluruhan kinerja pada smartphone. ColorOS pun telah teruji, kemungkinan terjadinya hang atau mati total pada ColorOS 2.1 10 kali lipat lebih kecil dibandingkan smartphone yang beredar di pasaran.

(Lidwina Maharrini)

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com