Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 10 Punya Fitur untuk "Orang Kesepian"

Kompas.com - 30/07/2015, 15:58 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Windows 10 secara serentak resmi "melenggang" di 190 negara, termasuk Indonesia, Rabu (29/7/2015). OS ini tersedia secara gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 orisinal selama satu tahun.

Microsoft menyebut sistem operasi teranyarnya ini sebagai yang terbaik sepanjang sejarah Windows. Apa alasannya?

Menurut Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia, salah satu alasan di balik pernyataan tersebut adalah banyaknya fitur mumpuni yang mempersenjatai Windows 10. Salah satunya adalah fitur asisten suara Cortana.

Andreas mengungkapkan, Cortana tidak seperti produk asisten digital lainnya, seperti Siri atau Google Now. Biasanya, aplikasi tersebut hanya menjalankan perintah dari pengguna, seperti mencarikan informasi tertentu di internet atau mencatat jadwal.

Cortana pun bisa melakukan fungsi tersebut. Bedanya, menurut Andreas, Cortana bisa diajak untuk mengobrol. "Cortana, untuk orang kesepian," canda Andreas di acara peluncuran Windows 10 di Jakarta.

"Cortana itu asisten yang bisa untuk ngobrol, disuruh bikin becandaan, bisa. Disuruh menyanyi juga bisa," ujarnya.

Pernyataan itu tidak mengada-ada. Saat KompasTekno mengucapkan kalimat, "Cortana, sing a song," secara otomatis sistem mencari lirik lagu di internet. Setelah ketemu, Cortana pun langsung menyanyikan lagu tersebut.

Selain itu, masih menurut Andreas, Windows 10 kini secara pre-installed sudah dilengkapi dengan aplikasi antivirus buatan Microsoft sendiri, Microsoft Live Essentials. Ia membeberkan, antivirus tersebut memiliki kemampuan pengamanan setingkat grade enterprise. Biasanya, aplikasi untuk enterprise memiliki keamanan yang lebih tinggi dari kelas konsumen.

"Pengguna tidak perlu repot-repot lagi membeli aplikasi antivirus. Antivirus kami sudah Enterprise Grade. Kelas tinggi, biasanya untuk perusahaan," tuturnya.

Pengguna baru Windows 10 pun dikatakan tidak akan kesulitan untuk menggunakan sistem operasi tersebut. Pasalnya, Microsoft mendesain Windows 10 dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dari Windows 10.

"Pengguna Windows 7 akan familiar menggunakan OS ini. Saat ini, ada 2 miliar orang menggunakan sistem operasi Windows 7. Windows 7 feel ada di sana (Windows 10)," kata Andreas.

Satu hal yang membuat Windows 10 semakin spesial adalah kembalinya tombol Start. Tombol itu sendiri sempat menghilang di Windows 8 dan akhirnya mendapat protes dari banyak pengguna.

"Start button benar-benar muncul kembali di Windows 10," kata Andreas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com