Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sehari, Windows 10 Sudah Lampaui Windows 8

Kompas.com - 31/07/2015, 12:32 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Meski masih terlalu dini, tanda-tanda kesuksesan Windows 10 sudah mulai terlihat. Dalam 24 jam pertama kehadirannya, OS teranyar Microsoft tersebut sudah diunduh lebih dari 14 juta kali. Capaian tersebut diumumkan Microsoft melalui blog perusahaan, Kamis (30/7/2015).

Jumlah unduhan itu dikatakan masih bakal terus bertambah dalam beberapa hari belakangan ini. Microsoft mengungkapkan, belum semua pemesan Windows 10 yang menerima file update OS tersebut.

Pemesan yang dimaksud adalah pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 yang menyatakan siap menerima update Windows 10 melalui aplikasi Get Windows 10.

Angka unduhan hingga 14 juta dapat dikatakan sebagai prestasi luar biasa bagi Microsoft. Pasalnya, OS versi sebelumnya, Windows 8, tidak mendapatkan sambutan sebaik itu.

Sistem operasi tersebut dirilis pada tanggal 1 Agustus 2012, menjelang akhir pekan. Nah, selama akhir pekan itu, jumlah unduhan Windows 8 tidak sebaik yang diharapkan, hanya sekitar 4 juta saja.

Microsoft tentunya tidak mau mengulang kegagalan tersebut di Windows 10. Oleh karena itu, raksasa software ini tampak begitu agresif dalam memasarkannya.

Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan menghadirkan aplikasi Get Windows 10 di Windows 7 dan Windows 8.1 secara otomatis sebagai bagian dari Windows Update.

Dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna kedua OS tersebut bisa mengetahui kapan Windows 10 tersedia dan mengunduh secara otomatis file instalasinya.

Selain itu, strategi lain dari Microsoft adalah dengan menggratiskan upgrade Windows 10 secara gratis bagi pengguna Windows 7 dan 8.1 versi original, bukan bajakan.

Microsoft juga membekali Windows 10 dengan berbagai fitur menarik, seperti asisten digital Cortana dan browser internet baru Microsoft Edge. Selain itu, tombol Start juga sudah benar-benar kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com