Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu "Posting" Terbaik di Facebook, Twitter, dan Instagram

Kompas.com - 04/08/2015, 11:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Ingin "didengar" dalam memasarkan konten di media sosial? Tentu, ini tak bisa dilakukan hanya dengan asal melakukan posting saja. Anda harus menyasar audiens yang tepat di saat yang tepat pula.

Nah, untuk membantu Anda dalam mencapai tujuan tersebut, Microsoft baru-baru ini merilis infografis berisi profil demografis pengguna sejumlah media sosial, yakni, Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, serta tak lupa e-mail tradisional.

Ada juga pemaparan waktu-waktu optimal untuk melakukan posting di aneka medsos tersebut supaya mancapai hasil maksimal dalam hal koneksi dengan audience.

Berikut ini penjabaran singkatnya, sebagaimana dirangkum Nextren dari Business Insider (30/7/2015).

Facebook

Sebanyak 74 persen pengguna Facebook memiliki pendidikan berjenjang universitas atau lebih tinggi. Bisa dibilang para pengguna dari segala kalangan usia -mulai 18 hingga 65 tahun ke atas- eksis di medsos ini.

Waktu posting optimal di Faebook adalah hari Kamis dan antara jam 9 pagi hingga 7 malam, terutama jam 1-3 siang.

Twitter

Berbeda dengan Facebook, jumlah pengguna internet yang memakai Twitter jauh lebih sedikit (hanya 23 persen, berbanding 71 persen untuk Facebook).

Posting di layanan micro-blogging ini terbilang efektif dilakukan pada seluruh hari kerja, antara Senin hingga Jumat. Untuk hasil maksimal, berkicaulah sekitar pukul 12 siang dan 5-6 sore.

Instagram

Seperti Facebook yang merupakan perusahaan induknya, banyak dari perempuan yang aktif di internet merupakan pengguna Instagram.

Lebih dari separuh pengguna internet dari kalangan usia muda 18-29 tahun eksis di Instagram. Hari terbaik untuk posting di layanan photo sharing ini adalah Senin dan Rabu.

LinkedIn

Jejaring sosial yang satu ini didominasi orang berduit. Sebanyak 44 persen dari populasi orang dewasa pengguna internet yang berpenghasilan 75.000 dollar AS (Rp 1 miliar) per tahun berada di LinkedIn.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com