Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Translate Terkini, Langsung dari Kamera dan Tak Perlu Internet

Kompas.com - 04/08/2015, 15:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Saat berada di negara asing dan tidak mengerti kata-kata di papan penunjuk jalan atau menu restoran, pelancong biasanya bertanya kepada penduduk lokal atau menggunakan aplikasi penerjemah bahasa.

Kesulitan datang ketika penduduk lokal tidak mengerti bahasa Inggris, atau koneksi internet tidak tersedia untuk mengakses penerjemah online.

Kini tak perlu bingung lagi menghadapi kondisi seperti itu karena aplikasi penerjemah Google Translate sudah bisa bekerja tanpa butuh sambungan internet. Caranya pun sangat gampang. Pengguna bahkan tak perlu mengetik.

Cukup buka Google Translate versi terbaru di ponsel Android atau iOS, tekan ikon kamera, lalu arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan, lalu teks itu pun akan berubah dari bahasa asal ke bahasa tujuan, langsung di tampilan jendela bidik kamera ponsel.

Ini bisa terwujud berkat fitur khusus bernama "Word Lens" yang mulai diintegrasikan pada Januari lalu ke Google Translate.

"Kami sadar bahwa pengguna membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung ke internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran," ujar Product Manager Google Translate Julie Catteau dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/7/2015).

Oik Yusuf/ Kompas.com Sebelum bisa memakai fitur Word Lens di Google Translate, kamu harus mengunduh paket bahasa yang dikehendaki terlebih dahulu

Perlu ditambahkan bahwa, berdasarkan hasil penelusuran KompasTekno, pengguna ponsel harus mengunduh paket online bahasa yang dikehendaki terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Word Lens secara offline.

Bahasa Indonesia adalah salah satu dari total sebanyak 27 bahasa yang sekarang sudah didukung oleh penerjemahan Word Lens Google Translate.

Lainnya termasuk bahasa Perancis, Jerman, Thailand, Rusia, Spanyol, Portugal, Turki, dan Italia.

Word Lens sendiri adalah teknologi yang diperoleh Google melalui akuisisi perusahaan Quest Visual pada Mei 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com