Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Hapus Kebijakan Aneh "301 Plus"

Kompas.com - 06/08/2015, 13:57 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — YouTube menghapus sebuah kebijakan yang cukup aneh di layanan streaming videonya. Mulai Kamis (6/8/2015) ini, YouTube mulai "membuang" kebijakan "301+ view".

"Kami mengucapkan selamat tinggal ke '301+ view' dan ucapkan halo ke view video yang lebih baru," kicau YouTube dalam akun resmi Twitter-nya.

Pertanyaannya, apakah sebenarnya kebijakan "301+ view" itu? Menurut kicauan akun resmi YouTube di Twitter, jika sebuah video sudah ditonton lebih dari 300 kali, maka sistem secara otomatis akan menahan counter atau penghitung jumlah tontonan di angka 301 plus.

Itu artinya, jika video tersebut misalnya sudah ditonton lebih dari 1.000 kali pun, jumlah dari counter akan tetap berada di angka 301 plus.

Counter tersebut ditahan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Kamis (6/8/2015), untuk memberikan cukup waktu bagi YouTube dalam mengecek kebenaran jumlah view video tersebut. Selama masa pengecekan, YouTube akan memilah, apakah view tersebut benar-benar berasal dari manusia atau sebenarnya berasal dari bot atau spam.

Jika menemukan tontonan yang berasal dari bot, YouTube akan langsung memangkas jumlah tersebut. Nantinya, biasanya, setelah beberapa jam, sistem akan menampilkan jumlah view sebenarnya dari sebuah video.

Dalam peraturan barunya, jumlah counter akan terus bertambah ketika video ditonton, baik itu oleh manusia maupun bot, tanpa adanya pematokan di angka 301. Namun, YouTube tetap akan me-review jumlah view dari sebuah video. Apabila menemukan akses dari bot, YouTube bakal menghapus jumlah view sejumlah akses dari bot tersebut.

Dihapusnya peraturan "301+ view" ini menunjukkan, YouTube mulai percaya diri bahwa sistem mereka sudah bisa membedakan penonton manusia sebenarnya atau hanya bot.

Perlu ditambahkan, untuk perusahaan yang menaruh videonya di YouTube, jumlah view tersebut akan sangat berpengaruh bagi iklan.

Namun, bagi penonton, hal ini tidak akan ada pengaruhnya. Sementara itu, bagi pembuat video, penetapan ini akan memudahkan mereka mengetahui jumlah penonton sebenarnya secara real-time.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com