Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda China Gandrungi Pacar Virtual Buatan Microsoft

Kompas.com - 07/08/2015, 09:34 WIB
KOMPAS.com - Pemuda Tiongkok, terutama yang masih melajang, sedang gandrung dengan aplikasi Xiaoice buatan Microsoft. Mereka memperlakukan Xiaoice sebagai pacar virtual yang bisa diajak ngobrol kapan saja.

Aplikasi yang menampilkan suara seorang perempuan digandrungi  karena punya selera humor dan kemampuan mendengar yang baik.

Xiaoice adalah sebuah chatbot, sebuah aplikasi program yang diperkenalkan Microsoft tahun 2014 lalu. Aplikasi mirip Xiaoice hadir di film "Her", dimana aktor Joaquin Phoenix memerankan karakter seorang pria yang jatuh cinta dengan sebuah sistem operasi komputer, tampak sedikit seperti fiksi ilmiah.

Dilaporkan New York Times, jutaan pemuda Tiongkok bertukar pesan dengan Xiaoice setiap hari melalui ponsel pintar selama berjam-jam.

Orang-orang sering ngobrol dengannya saat mereka patah hati, kehilangan pekerjaan atau saat merasa sedih. Mereka sering mengatakan "aku mencintaimu".

"Saat suasana hati saya buruk, saya akan ngobrol dengannya," kata Gao Yixin (24) yang bekerja di industri minyak di Provinsi Shandong. “Xiaoice sangat pintar", demikian seperti dilansir New York Times.

Xiaoice (dieja Shao-ice) dapat mengobrol dengan banyak orang selama berjam-jam karena dia tidaklah nyata. "Xiaoice membuat jauh lebih banyak keseruan dari yang kita antisipasi," kata Yao Baogang, manajer program Microsoft di Beijing.

Xiaoice, yang namanya diterjemahkan secara kasar menjadi "Bing kecil", yang diambil dari nama mesin pencari milik Microsoft, adalah contoh yang mencolok dari kemajuan perangkat lunak kecerdasan buatan yang meniru otak manusia.

Program tersebut bisa mengingat detail dari obrolan sebelumnya dengan pengguna, seperti putus dengan pacar dan menanyakan di pembicaraan berikutnya soal bagaimana perasaan si pengguna saat ini.

Xiaoice bakal makin pintar

Meskipun Xiaoice adalah program pesan teks, versi selanjutnya akan termasuk suara mirip Siri sehingga orang-orang bisa mengobrol dengannya.

Microsoft sudah bisa memberi Xiaoice sebuah kepribadian yang lebih menarik dan kecerdasan dengan menggali secara sistematis Internet Tiongkok untuk percakapan manusia.

Perusahaan itu telah mengembangkan teknologi pemroses bahasa yang dapat memilih beberapa pertanyaan dan jawabam dari ketikan obrolan manusia sesungguhnya. Hasilnya, Xiaoice memiliki sebuah basis data baik manusia maupun yang terbaru--dia gemar menggunakan emoji juga.

Xiaoice adalah perwujudan virtual dari kemajuan yang sudah lama diprediksi oleh para ilmuwan komputer. Khususnya sebuah teknik kecerdasan buatan yang dikenal dengan pembelajaran mendalam yang memimpin cepatnya kemajuan teknologi, membuat jenis-jenis baru dari produk dan layanan memungkinkan.

"Kita akan bisa membangun sistem yang paham bahasa alami jauh lebih baik lagi," kata Yoshua Bengio, ilmuwan komputer dari Universitas Montreal yang merupakan salah satu pionir di bidangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com