Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung dan Google "Poles" Android Setiap Bulan

Kompas.com - 07/08/2015, 10:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Mulai minggu ini, perangkat-perangkat Android Nexus akan diperbarui, via OTA (over the air), secara reguler setiap bulan. Google menetapkan kebijakan tersebut untuk menjaga keamanan pada perangkat rancangannya.

Dilansir KompasTekno, Kamis (6/8/2015) dari blog resmi Android, pembaruan pertama untuk meningkatkan keamanan dan kinerja sistem Nexus secara keseluruhan dimulai kemarin, Rabu (5/8/2015).

Beberapa perangkat yang lebih dulu diperbarui adalah Nexus 4, Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7, Nexus 9, Nexus 10, dan Nexus Player. Pemutakhiran sistem ini di antaranya mencakup perbaikan pada celah-celah keamanan yang menggerogoti sistem sejak Juli 2015.

Salah satunya adalah perbaikan di libStageFright, sebuah library yang memainkan file multimedia dengan format MP4. Celah tersebut memungkinkan gangguan saat buffer tak lagi mampu menampung konten video.

"Semua perbaikan untuk Nexus akan dirilis secara publik melalui Android Open Source Project. Pembaruan Nexus akan dilakukan intens hingga dua tahun," begitu tertulis pada blog resmi Android.

Sementara itu, penambalan pada celah keamanan akan dilakukan dalam kurun waktu yang lebih panjang, yakni tiga tahun sejak tersedianya perangkat.

Tak hanya Nexus, Samsung juga mengimplementasikan pembaruan yang sama untuk tujuan yang sama. Menurut pabrikan Korea Selatan tersebut, pembaruan sebulan sekali akan lebih cepat mengidentifikasi celah keamanan tersembunyi. 

Pembaruan OTA Samsung ini juga terutama menyasar pemberantasan libStageFright. "Kami berencana untuk mengembangkan lebih jauh proses (pemberantasan bug) dan mengimplementasikan peningkatan keamanan bertahap seiring dengan praktik pembaruan sistem keamanan rutin," kata perwakilan Samsung. 

Google mengklaim sistem operasi Android miliknya terus berupaya menumpas isu keamanan yang mengganggu kenyamanan pengguna. Dengan pendekatan awal untuk Nexus, Google mengklaim akan mengurangi kerugian pengguna akibat berbagai celah keamanan yang selama ini menggerogoti perangkat-perangkat Android.

Diketahui, untuk fokus keamanan, Google juga telah membentuk inisiasi bertajuk "Android Security Rewards Program". Para peneliti keamanan diperkerjakan untuk menemukan celah keamanan sekaligus mencari solusinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com