Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disodori Android, "Fanboy" Apple Yakin Itu iPhone

Kompas.com - 07/08/2015, 20:21 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Tampilan dua sistem operasi mobile Apple iOS dan Android sejatinya berbeda. Namun, banyak orang yang kesulitan membedakan kedua OS tersebut, hanya dari tampilannya.

Buktinya terlihat dari sebuah video yang diunggah oleh dua orang asal Belanda ke YouTube. Dua orang tersebut, berusaha membuktikan hal tersebut melalui sebuah eksperimen yang dilakukannya.

Mereka menyiapkan satu unit ponsel Android. Tidak dijelaskan, versi Android yang digunakan. Akan tetapi, kepada para responden, disebutkan ponsel Android tersebut adalah iPhone yang menggunakan iOS 9 -- yang sebenarnya belum dirilis oleh Apple.

Nyatanya, banyak yang tertipu dengan "tipuan" tersebut. Terlihat pada video, para responden yang beberapa diantaranya diduga "Apple fanboy" benar-benar percaya bahwa iPhone tersebut sudah menggunakan iOS 9.

Uniknya lagi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari AndroidCommunity, Jumat (7/8/2015), banyak dari responden yang mengaku menyukai tampilan baru dari "iOS 9" palsu tersebut.

Bahkan, banyak yang bilang tampilan OS Apple sekarang lebih baik ketimbang iOS 8. Ya, bisa dikatakan, mereka memuji antarmuka Android lebih baik ketimbang iOS.

Ada juga yang menyatakan bahwa fitur yang ada di "iOS 9" itu sudah lebih baik dengan dihadirkannya fungsi reboot. "Iconnya terlihat baik," ujar salah satu responden.

Beberapa orang dari responden terlihat merupakan fanboy Apple. Pasalnya, mereka membuat pernyataan, produk yang dikeluarkan oleh Apple biasanya selalu lebih baik dari produk lain. Saat ditanya alasannya, responden menjawab karena produk Apple itu keren.

Menariknya, ada satu orang yang mengaku sebagai penggemar setia produk Samsung. Dia mengakui bahwa "iOS 9" Android itu sebenarnya terlihat bagus dan keren. Tetapi ia tetap memilih produk Samsung, tanpa menyadari bahwa sebenarnya sedang melihat OS Android.

Anda bisa menyaksikan seluruh adegan tersebut dalam video berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com