Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Pentagon Dibobol "Hacker" Rusia

Kompas.com - 09/08/2015, 08:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com — Rusia dituding menyerang gedung Departemen Pertahanan AS (Pentagon) lewat jalur maya. Hal ini diumumkan pemerintah Amerika Serikat, Jumat (7/8/2015), sebagaimana dilaporkan CNBC dan dihimpun KompasTekno.

Berdasarkan temuan, Rusia disinyalir menggunakan teknologi canggih untuk menembus sistem e-mail staf gabungan di Departemen Pertahanan AS. Peretasan diduga terjadi pada 25 Juli lalu.

Akibatnya, data 4.000 personel militer dan pemerintahan yang bekerja di staf gabungan dinyatakan telah dibajak.

Menurut beberapa sumber, serangan maya Rusia mengandalkan suatu sistem otomatis yang menghimpun banyak data dalam hitungan menit. Data tersebut kemudian didistribusikan dalam waktu sekejap ke ribuan akun di internet.

Para peretas diyakini menggunakan sistem terkoordinasi yang canggih melalui akun-akun terenkripsi pada media sosial. Hingga kini, pemerintah AS belum bisa memastikan apakah peretasan ini adalah tindakan institusi pemerintahan atau perorangan.

Namun, pemerintah meyakini oknumnya berkaitan dengan pemerintah Rusia. "Jelas bahwa ini ulah oknum di dalam pemerintah (Rusia)," kata perwakilan pemerintah AS.

Pemerintah AS juga menegaskan bahwa yang diretas adalah akun e-mail yang tak tergolong rahasia. Sementara akun-akun yang sifatnya rahasia tak tersentuh sama sekali.

Saat ini pemerintah AS masih terus menginvestigasi jalur peretasan dan siapa yang berada di balik peretasan tersebut. Untuk itu, semua sistem e-mail yang menjadi korban dinonaktifkan untuk sementara. Rencananya sistem akan kembali beroperasi pada awal pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com