Larry Page ke Alphabet, Sundar Pichai Jadi CEO Google - Kompas.com

Larry Page ke Alphabet, Sundar Pichai Jadi CEO Google

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 11/08/2015, 11:35 WIB
BECK DIEFENBACH/REUTERS Wakil Presiden Senior Google untuk Android, Chrome, dan Aplikasi, Sundar Pichai

KOMPAS.com - Dengan dibentuknya Alphabet sebagai induk perusahaan Google, Larry Page menempati posisi sebagai CEO dan pendiri Google lain, Sergey Brin juga menempati posisi puncak di Alphabet. Untuk itu, jabatan CEO Google pun diserahkan kepada pihak lain.

Adalah Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Chrome dan Android di Google, yang kini ditunjuk sebagai pengganti Larry Page sebagai CEO Google.

"Penunjukan Pichai sebagai CEO baru Google sudah tepat, karena Pichai seringkali memiliki pandangan yang sama, atau bahkan lebih baik dari saya," tulis Page seperti dikutip KompasTekno dari postingannya di blog Google, Selasa (11/8/2015).

Page juga menjelaskan bahwa Pichai sudah mulai melakukan tugas-tugasnya sebagai CEO sejak Oktober tahun lalu saat mengurusi produk dan hal teknis tentang bisnis internet Google.

"Kami dan dewan direksi yakin bahwa sudah saatnya Pichai menjadi CEO Google," tulis Page.

Pichai bergabung dengan Google pada 2004, ia bertanggung jawab terhadap manajemen produk dan inovasi software-software buatan Google, termasuk browser Chrome, Chrome OS, serta Google Drive.

Aplikasi e-mail dan peta Google, Gmail dan Google Maps juga menjadi salah dua produk yang dikembangkan oleh pria kelahiran Chennai, India pada 1972 itu.

Pada 2013, Pichai juga ditunjuk sebagai kepala pengembangan sistem operasi Android oleh Google, posisi yang sebelumnya ditempati oleh Andy Rubin yang saat itu mengikuti bursa untuk menjadi CEO Microsoft.

Kini, Pichai telah resmi ditunjuk sebagai orang nomor satu di Google dengan tangung jawab mengembangkan mesin pencarian Google search, iklan, video, browser, serta bisnis sistem operasi.

Page juga mengatakan Google akan lebih dirampingkan dalam tulisan di blog-nya, namun Page tidak menjelaskan secara rinci proses perampingan seperti apa yang dimaksud.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
SumberBlog Google,
Komentar
Close Ads X