Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Link ke Toko Google, Bakal Bisa Dapat Duit

Kompas.com - 12/08/2015, 09:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google dikabarkan sedang menyiapkan layanan baru untuk mendampingi toko aplikasinya, Google Play Store. Layanan ini berupa program afiliasi, yang memungkinkan pihak lain mendapatkan pemasukan jika memasang tautan ke produk berbayar di toko Google.

Program afiliasi ini disebut mirip dengan Apple yang menjalankan toko konten digitalnya. Menurut sumber yang tidak mau disebut namanya kepada 9to5 Google, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (11/8/2015), program ini dikerjakan oleh Performance Horizon Group, perusahaan yang sama yang mendukung program afiliasi Apple pada 2013 lalu.

Namun menurut sumber tersebut, program ini masih dalam masa penjajakan dan bisa jadi berubah atau bahkan bisa dibatalkan.

Sumber tadi juga mengatakan bahwa program itu akan menangani konten yang akan dijual melalui Play Movies dan Music, yang nantinya bisa saja dikembangnkan dengan menjual aplikasi atau bahkan hardware.

Dengan program afiliasi ini, maka kreator konten bakal bisa me-monetisasi karya mereka dengan cara yang lebih modern, bukan hanya melalui metode display ads atau sistem berlangganan saja.

Alih-alih, kreator konten bisa menghubungkan dirinya dengan halaman penjualan suatu produk dan mendaptakan komisi bilamana ada seseorang yang membeli produk dengan menggunakan link unik mereka.

Toko aplikasi Google sendiri saat ini masih di bawah toko aplikasi Apple dalam hal pendapatan. Rendahnya jumlah konversi pengguna yang mengunduh gratis ke berbayar menjadi sebabnya.

Namun demikian jumlah unduhan di Google Play Store secara umum sama atau bahkan mengungguli toko aplikasi Apple.

Google menolak untuk berkomentar tentang kabar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com