Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Kumpulkan Aplikasi Keren di Android Experiment

Kompas.com - 14/08/2015, 06:38 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google baru saja meluncurkan sebuah situs baru bernama Android Experiment. Sesuai dengan namanya, situs tersebut berisi macam-macam aplikasi yang cenderung anti mainstream.

Bentuk aplikasi tersebut ada yang berupa game, tampilan jam atau sebuah penunjuk arah. Tapi jangan bayangkan semuanya menggunakan fitur normal, seperti aplikasi-aplikasi sejenis di Google Play Store.

Game dalam Android Experiment dibuat sebagai permainan yang memanfaatkan kemampuan perangkat Android hingga semaksimal mungkin. Misalnya pada game berjudul Tilt, pengguna mesti menggerakkan atau memiringkan gadget miliknya untuk bisa menjalankan permainan.

Kemudian ada juga Inkspace, aplikasi yang bisa mengubah segala coretan atau gambar Anda menjadi 3D. Mereka membuatnya dengan memanfaatkan accelerometer pada gadget Android.

Dilansir KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (13/8/2015), sebelumnya Google juga pernah melakukan langkah serupa pada toko aplikasi Chrome. Mereka menyebutnya sebagai Chrome Experimentals dan mengisinya dengan aplikasi-aplikasi browser yang cenderung anti mainstream.

Android Experiments dapat dikatakan meneruskan ide serupa. Google ingin memamerkan bahwa Android adalah sistem operasi yang fleksibel, bisa dipakai membuat aplikasi keren dari sisi interface atau inovasi cara pemakaian dan memaksimalkan fungsi sensor-sensor milik suatu gadget.

Hal yang menarik dari inisiatif ini, khususnya bagi developer, seluruh aplikasi di sana tersedia bersama source code pembuatannya. Developer lain bisa melihat source code tersebut sebagai inspirasi membuat aplikasi orisinil lain.

Sementara ini ada 20 aplikasi yang ditampilkan dalam Android Experiments, Anda bisa klik link ini untuk melihatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com