Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Percayakan Sepenuhnya Lini Mobile ke Motorola

Kompas.com - 14/08/2015, 08:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Lenovo bakal semakin bergantung pada Motorola untuk lini bisnis mobile. Menurut vendor Tiongkok ini, unit smartphone dan tablet perusahaannya akan berkembang pesat jika disandingkan lebih erat dengan Motorola.

"Lini mobile Lenovo sekarang akan bergantung pada Motorola untuk desain, pengembangan dan pembuatan produk-produk smartphone," kata perwakilan Lenovo, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (13/8/2015).

Peran Motorola dalam pengembangan unit smartphone Lenovo memang cukup besar. Pada kuartal kedua 2015, Lenovo mencatat penjualan 16,2 juta smartphone. Di antaranya, ada 5,9 juta smartphone yang dibubuhi merek Motorola.

Secara keseluruhan, total pendapatan Lenovo untuk semua lini naik 3 persen dari tahun lalu pada kuartal serupa. Namun, keuntungannya menurun 51 persen.

Dilihat dari sektor smartphone dan tablet, Lenovo melihat adanya penurunan pertumbuhan yang dibarengi peningkatan kompetisi antar vendor. Hal ini, kata perwakilan Lenovo, menghasilkan laporan per kuartal yang mengecewakan untuk sektor mobile.

Untuk itu, Lenovo menaruh harapan besar kepada Motorola untuk membangkitkan daya saing Lenovo di pasar smartphone. Ditargetkan, keuntungan Lenovo bakal kembali seperti semula pada dua kuartal selanjutnya.

"Ke depan portofolio produk akan lebih simpel dan modelnya akan lebih berbeda antara satu produk dengan produk lainnya," kata pihak Lenovo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com