Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet 4G LTE Smartfren Dijaga 10.000 BTS

Kompas.com - 19/08/2015, 19:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartfren Telecom kini memiliki sekitar 10.000 BTS 4G LTE untuk menjangkau pelanggan-pelangganya di seluruh Indonesia. Rencananya, hingga akhir tahun 2015 ini, jumlah BTS tersebut akan terus ditambah.

"BTS yang sudah 4G kurang lebih ada 10-ribuan. Itu sudah bekerja. Sampai akhir tahun ini kita harapkan bisa bertambah sekitar 11-ribuan," tutur Direktur Smartfren Merza Fachys saat ditemui di sela-sela Grand Launching Smartfren 4G LTE Advance, Rabu (19/8/2015).

Penambahan BTS tersebut dilakukan untuk memperluas sekaligus menutupi spot-spot tertentu yang masih belum mendapatkan sinyal 4G LTE. Saat ini, meski sudah meluncurkan layanan internet cepat itu secara nasional, sebenarnya coverage mereka masih sekitar 85 persen.

Kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Kediri, Madiun, Malang dan Jember sudah bisa merasakan internet cepat tersebut. Selain itu, kota-kota di Sumatera, seperti Medan, Padang dan Bukittinggi, kemudian ke wilayah timur seperti Makassar, juga sudah bisa merasakan 4G LTE Advance itu.

"Selain kota-kota besar, wilayah di sekelilingnya juga ter-cover. Tapi ya kita mesti akui masih ada bolongnya. Misalnya di Pulau Jawa saja kurang lebih 80 persen ter-cover," terang Brand Communication Officer Smartfren, Roberto Saputra dalam kesempatan yang sama.

"Harapannya akhir tahun ini 4G LTE kami bisa 100 persen meng-cover Indonesia karena strategi kita ingin cakupan terluas. Kita juga sedang improve untuk sinyal in-building, karena sekarang masih kurang," imbuhnya.

Jaringan berteknologi 4G LTE Advance itu memang baru saja diluncurkan. Bahkan mereka mengklaim sebagai operator telekomunikasi pertama yang menerapkan teknologi tersebut di Indonesia.

Smartfren menggunakan dua frekuensi sekaligus, yaitu 2.300 MHz dengan teknologi Time Division Duplex (TDD) serta 850 MHz dengan teknologi Frequency Division Duplex. Kombinasi kedua teknologi ini membuat jangkauan 4G LTE Smartfren makin luas dan kecepatan layanannya kencang.

Selain ketersediaan jaringan, anak usaha grup Sinarmas itu juga sudah menyiapkan dukungan perangkat genggam. Mereka menawarkan pilihan berupa ponsel Andromax R, Q, Qi, Es dan Ec yang bisa dipakai di jaringan CDMA, GSM serta 4G LTE. Ada juga MiFi yang hanya berjalan di jaringan 4G LTE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com