Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Laba-laba Intel Menari Ikuti "Bruno Mars"

Kompas.com - 20/08/2015, 10:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Di ujung pidato pembuka Intel Developer Forum 2015, Selasa (18/8/2015), CEO Intel Brian Krzanich memamerkan robot laba-laba Intel yang bisa diperintah dengan gerakan tangan.

Dengan gerakan tangan tertentu, seperti membalik telapak tangan, melembai ke atas atau ke bawah, pria yang kerap disapa BK tersebut membuat robot laba-laba bangun dari tidurnya, berdiri, mengangkat kaki, serta gerakan-gerakan lain.

Semua perintah-perintah tadi dilakukan BK tanpa memegang atau menggunakan perangkat apa pun di tangan atau lengannya. Hal tersebut bisa terwujud berkat teknologi RealSense yang dikembangkan Intel dan ditanamkan dalam sistem operasi robot.

Robot laba-laba itu juga bisa menari bersama manusia mengikuti alunan musik Bruno Mars di akhir acara.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Robot laba-laba raksasa dengan sensor RealSense di kepala. Sensor tersebut mendeteksi gerakan manusia di depannya dan memerintah robot melakukan gerakan yang sama.
"Teknologi ini (RealSense) bisa mengubah robot yang selama ini terlihat biasa-biasa saja," ujar Doug Davis, General Manager of Internet of Things (IoT) Solutions Group Intel di Moscone Center, Rabu (19/8/2015).

"SDK (software development kit) dan toolkit RealSense ini bisa mempercepat inovasi di dunia robot," imbuh Davis.

Selain robot laba-laba tadi, Intel juga memamerkan robot serupa yang bisa meniru gerakan tangan yang dikembangkan oleh Intern.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Lengan robot yang bisa mengikuti gerakan tangan diciptakan oleh developer Intern.
Menurut perwakilan Intern, untuk mengajari robot bergerak sesuai keinginan dengan menggunakan RealSense sangat mudah.

"Kita tinggal mengintegrasikan RealSense ke robot yang akan mencatat koordinat gerakan tangan, robot akan menirunya," ujar salah satu perwakilan Intern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com