Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Masukkan Twitter di Hasil Pencarian

Kompas.com - 24/08/2015, 15:40 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Google diam-diam memperbarui mesin pencarinya. Saat mengakses pencarian lewat desktop, Google kini menyertakan kicauan-kicauan dari Twitter yang relevan dengan kata kunci tertentu.

Dilansir KompasTekno, Senin (24/8/2015) dari Mashable, perubahan ini merupakan implementasi kesepakatan Google dan Twitter pada bulan Februari lalu.

Sebelumnya, tweet-tweet yang beredar di linimasa Twitter tidak terindeks di mesin pencari Google. Kicauan tersebut kini dapat di-googling di browser desktop.

Misalnya saat pengguna mencari "Taylor Swift", beberapa kicauan beserta tampilan visual sang penyanyi pop bakal muncul di hasil pencarian. 

Mashable Hasil pencarian Taylor Swift di Google

Ini bukan kali pertama Google bekerja sama dengan mikroblog berlogo burung. Pun, Google bukan mesin pencari pertama yang mengintegrasikan layanannya dengan Twitter.

Sebelumnya, Bing juga mengintegrasikan hasil pencariannya dengan Twitter sejak pertengahan tahun lalu. Tapi kerja sama dengan Google diklaim dapat berpengaruh lebih besar pada masa depan Twitter.

Diketahui, saat ini Twitter memiliki sekitar 316 juta pengguna aktif tiap bulannya. Namun, angka itu bertumbuh pelan dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak pertengahan tahun ini, isu Twitter berjuang menambah pengguna telah merebak ke mana-mana. Para pengiklan pun dikabarkan kecewa dengan pertumbuhan bisnis Twitter.

Dengan kemitraannya yang baru dengan Google, Twitter berharap dapat mengekspansi jangkauannya. Makin banyak orang yang tertarik membuat Twitter dan aktif berinteraksi melalui Twitter, makin langgeng umur mikroblog tersebut berkiprah sebagai jejaring sosial populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com