Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Center Google Setelah Tersambar Petir

Kompas.com - 25/08/2015, 15:56 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Data center Google di Belgia mendapat serangan mematikan yang menyebabkan sebagian data konsumennya hilang. Namun serangan itu bukan berasal dari peretas, melainkan dari alam.

Pada Kamis (20/8/2015) lalu, data center Google Cloud Platform di Belgia mendapat sambaran petir selama empat kali berturut-turut.

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (25/8/2015), lima persen perangkat harddisk server yang terletak di zona Europe-west1-b tersebut menjadi tidak berfungsi baik, sulit untuk menulis atau membaca data.

Teknisi Google segera melakukan perbaikan dengan mengambil berbagai langkah untuk memulihkan data, mulai dari menjalankan protokol yang rumit hingga me-reboot server.

Beruntung, mereka berhasil mengembalikan sebagian besar data, dan hanya kehilangan sebanyak 0,000001 persen data yang tersimpan di hard disk.

"Kalau kasusnya seperti ini, maka full recovery tidak lagi dimungkinkan," tulis pernyataan Google.

Google menyebut kondisi yang dialaminya itu sebagai kejadian yang luar biasa. Google juga mengakui bahwa semua kerugian menjadi tanggung jawabnya.

Saat ini, Google sedang melakukan audit untuk mencari tahu perlindungan anti-petir seperti apa yang dibutuhkan agar kejadian serupa tidak berulang.

"Memang tidak normal (tersambar petir empat kali berturut-turut), tapi kan gedung Empire State saja tersambar 100 kali setahun," kilah Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com