Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Aplikasi Android Kini Lebih Mudah dan "Berwarna"

Kompas.com - 30/08/2015, 15:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google meluncurkan layout baru pada hasil pencarian "Apps" di layanan Search untuk mobile. Hal ini bertujuan meningkatkan cakupan, ikatan dan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses aplikasi-aplikasi Android.

Tampilan layout ini kurang lebih serupa dengan antarmuka toko aplikasi Google Play Store. Ikon aplikasi, nama aplikasi, rating dan harganya ditampilkan dengan lebih jelas.

Hanya saja, layout pada kolom pencarian lebih berwarna-warni dibandingkan antarmuka toko aplikasi Google. Pengaturan baris aplikasinya juga lebih teratur.

Dilansir KompasTekno, Sabtu (29/8/2015) dari AndroidPolice, saat menekan tombol dengan simbol panah ke bawah, pengguna bisa berekspansi ke semua aplikasi yang tersedia. Artikel atau berita lain terkait kata "Apps" sekejap terlengser.

Jika tak menekan tombol ekspansi, hanya 6 aplikasi yang dimunculkan dengan layout khusus. Di bawahnya, Google tetap memasang artikel-artikel atau informasi terkait kata "Apps".

Sebenarnya, tak semata-mata kata "Apps" yang bisa memunculkan layout interaktif tersebut. Apapun kata yang dicari asalkan di belakangnya mematrikan kata "Apps", layout pencarian akan tetap berubah.

Misalnya pengguna secara spesifik ingin mencari aplikasi musik, cukup ketik "Music Apps". Maka hanya aplikasi-aplikasi pada sektor musik yang dimunculkan dengan gaya layout ini.

Begitupun saat mencari "Book Apps", "Game Apps" atau "Photo Apps". Jika sudah menemukan aplikasi yang dicari, pengguna bisa menekan ikon aplikasi. Selanjutnya pengguna akan ditautkan ke Google Play Store untuk mengunduh aplikasi pilihan.

Kemampuan pencarian ini hanya tersedia untuk ponsel-ponsel Android. Berikut video penjajalannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com