Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tweet Dukung ISIS, Remaja Divonis Penjara 11 Tahun

Kompas.com - 31/08/2015, 07:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Remaja 17 tahun asal Virginia, Amerika Serikat, Ali Shukri Amin, dipenjara 11 tahun karena mengkicaukan dukungan untuk ISIS. Ia dianggap memprovokasi netizen lewat Twitter untuk turut berperan dalam gerakan garis keras tersebut.

Sesaat sebelum akunnya, @Amreekiwitness, dinonaktifkan, Amin memiliki sekitar 4.000 pengikut. Beberapa kicauannya berisi tutorial untuk mengirim uang dalam format Bitcoin dalam rangka membantu ISIS.

Amin juga memberitahu beberapa cara ke Suriah bagi remaja yang ingin bergabung dengan ISIS. Kicauan tersebut dianggap layak mendapatkan hukuman belasan tahun penjara yang diputuskan pengadilan negeri.

Menurut asisten jaksa agung dewan Keamanan Nasional John Carlin, jalan provokatif yang ditempuh Amin lewat media sosial bisa berpengaruh ke seluruh dunia.

"ISIS terus menggunakan media sosial untuk menyebar pesan kebencian ke seluruh dunia. Ini akan memperkuat radikalisasi dan perekrutan remaja untuk mendukung gerakan mereka," kata Carlin, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dikutip KompasTekno, Sabtu (29/82015).

Menurut studi terpublikasi, ada sekitar 46.000 hingga 70.000 pendukung ISIS di Twitter. Beberapa saat lalu Twitter telah menutup puluhan ribu akun yang terindikasi demikian.

Menurut asisten direktur FBI Andrew McCabe, aksi Amin merupakan salah satu contoh bagaimana media sosial dapat menjadi mediator gerakan radikal yang efektif. Hal tersebut diamini Carlin. "Propaganda maya dapat menyentuh komunitas-komunitas yang paling rapuh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com