Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps "Bercerai" dengan Street View

Kompas.com - 04/09/2015, 12:44 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google akhirnya memisahkan aplikasi Maps dan Street View di perangkat Android. Selain mendapatkan kedua aplikasi itu terpisah, pengguna juga bisa memotret 360 derajat dan meng-upload fotonya ke Street View.

Selama ini, Street View secara teknis sudah memiliki file APK tersendiri namun masih menyatu dengan Google Maps. Pengguna Android yang ingin mengakses layanan tersebut dari gadget pun mesti membuka Maps, menjatuhkan "pin" di tempat yang diinginkan baru kemudian memilih Street View.

Dilansir KompasTekno dari Android Police, Jumat (4/9/2015), pada Street View v2.0 ini semua berubah. Aplikasi tersebut kini bisa dijalankan sendiri tanpa harus masuk ke Google Maps.

Anda mungkin masih ingat dengan satu set kamera 360 derajat yang Google umumkan dalam konferensi I/O tahun ini. Ya, kamera itu kini bisa terhubung ke aplikasi Street View yang baru dan dipakai meng-upload foto 360 derajat.

Selain kamera canggih itu, pengguna juga masih bisa mengunggah foto 360 derajat atau photosphere memakai kamera ponsel miliknya. Cukup dengan memilik ikon kamera yang ada di kanan bawah aplikasi Street View.

Tapi jangan lupa, ada syarat tertentu untuk bisa melakukannya. Gadget atau ponsel yang digunakan mesti memiliki sensor bernama gyroscope. Tanpa sensor itu, kamera 360 derajat tidak bisa digunakan di gadget.

Saat ini, update tersebut belum dirilis di Google Play Store. Anda bisa mencoba aplikasi Street View terpisah itu dengan mengunduh file APK dan menginstalnya melalui tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com