Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Inaicta Asal Garut Sempat Kekurangan Biaya ke Jakarta

Kompas.com - 06/09/2015, 09:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu tim peserta kompetisi Indonesia ICT Award (INAICTA) 2015 sempat kekurangan dana untuk mengikuti penjurian yang akan diadakan pada Selasa (8/9/2015) di Jakarta. Padahal, tim tersebut pernah berprestasi di ajang INAICTA sebelumnya.

Kendati masuk ke putaran 8 besar nasional nominator INAICTA 2015 kategori SD-SMP, namun nasib Fazil, Raka, dan Rafli yang masing-masing berasal dari Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah, SMP N 1 Leuwigoong, dan SMPN 2 Garut sempat terkatung-katung.

Ketiganya terancam tidak bisa berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan INAICTA yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, akibat kekurangan dana.

Lewat website STEAM Club Indonesia, ketiganya pun mencoba menggalang dana untuk keperluan transportasi, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti rangkaian kegiatan INAICTA di Jakarta.

"Kembali seperti tahun lalu, karena rangkaian kegiatan INAICTA yang mengharuskan tim untuk menginap, dana yang kami kumpulkan belum dapat mencukupi kebutuhan akomodasi yang memadai untuk tim siswa SMP dan tim pembimbing/pendamping," demikian postingan yang tertulis di web Steam Club Indonesia pada Jumat (4/9/2015) lalu.

Setelah kabar tersebut beredar di dunia maya, tak butuh waktu lama bantuan dana pun berdatangan. Pada Sabtu (6/9/2015) pagi, admin Steam Club Indonesia meng-update postingan tersebut dan memberitahukan bahwa kebutuhan mereka telah terpenuhi.

"Alhamdulillah, atas perhatian dan bantuan rekan-rekan semua, kebutuhan akomodasi telah terpenuhi, bahkan melebihi," tulis admin di postingan blog Steam Club Indonesia.

Secara total, tim membutuhkan dana Rp 6,6 juta untuk biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama di Jakarta. Pada Jumat lalu mereka masih defisit Rp 4,4 juta. Namun pantauan KompasTekno, pada Minggu (6/9/2015) pagi ini jumlah sumbangan melebihi target, mencapai Rp 8,6 juta.

Fazil, Raka, dan Rafli bukan kali ini saja berlaga di ajang INAICTA. Tahun lalu, ketiganya bahkan berhasil menjadi pemenang di kategori SD-SMP dengan karyanya, Saron Simulator. Tahun ini, ketiga programmer cilik itu membuat karya Buku Tamu Android.

Ajang INAICTA Award 2015 sendiri akan memasuki penjurian tahap II pada Selasa (8/9/2015) mendatang. Sementara malam penganugerahan akan diadakan sehari setelahnya, atau Rabu (9/9/2015) di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com