Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Sony Redam Panas di Xperia Z5

Kompas.com - 08/09/2015, 14:20 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sony telah memperkenalkan smartphone terbaruya, Xperia Z5, pada ajang IFA 2015 pekan lalu.

Dalam acara peluncuran tersebut, diketahui bahwa perangkat ini bakal dibekali dengan SoC buatan Qualcomm, Snapdragon 810. Komponen itu sendiri sebenarnya tidak memiliki reputasi yang begitu baik. Pasalnya, ia dilaporkan sering mengalami kepanasan atau biasa dikenal dengan istilah overheating.

Lantas, bagaimana Sony menyikapi hal tersebut? Ternyata, perusahaan asal Jepang ini sudah memiliki solusinya.

Xperia Blog Xperia Z5 punya dual heat pipe

Berdasarkan bocoran gambar "bedah produk" tidak resmi yang beredar di dunia maya, Xperia Z5 dikabarkan dibekali dua pipa panas dan thermal paste. Penggunaan dua pipa tersebut dimaksudkan untuk "menyebar" panas dari prosesor yang sedang bekerja keras.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Xperia Blog, Senin (7/9/2015), penggunaan dua pipa tersebut diyakini dapat membantu manajemen panas dan meningkatkan performa keseluruhan dari perangkat.

Penggunaan dua pipa panas tersebut dapat ditemukan di Xperia Z5 Premium dan Xperia Z5 versi original.

Xperia Blog Xperia Z3 heat pipe

Sebenarnya, Sony dikatakan sudah menggunakan pipa panas untuk manajemen suhu sejak seri Xperia Z terdahulu, yakni Xperia Z2 dan Xperia Z3. Akan tetapi, jumlah pipa yang digunakan baru satu.

Sayangnya, belum diketahui seberapa besar dua pipa tersebut dapat membantu penurunan suhu di keluarga Xperia Z5.

Sony resmi menghadirkan trio Xperia Z5 pada perhelatan IFA 2015 di Berlin, Jerman, Rabu (2/9/2015). Bertajuk "Z5", "Z5 Compact" dan "Z5 Premium", tiga bersaudara tersebut menunjukkan usaha Sony untuk mempertahankan divisi smartphone.

Pembeda yang paling tampak dari ketiganya adalah ukuran perangkat. Z5 Premium adalah perangkat 5,5 inci dengan tampilan layar 4K (3840p).

Untuk pengoperasiannya, ketiga smartphone mempercayakan "jeroan" Qualcomm Snapdragon 810. Ketiganya juga memiliki kapasitas penyimpanan internal 32 MB dan bisa ditambah dengan memanfaatkan slot microSD eksternal.

Perbedaan kembali terlihat pada kapasitas RAM. Xperia Z5 dan Z5 Premium dilengkapi RAM 3 GB, sedangkan Z5 Compact hanya diberi RAM 2 GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com