Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemblokir Iklan "Adblock" Tampil Beda di iOS dan Android

Kompas.com - 09/09/2015, 10:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah dirilis dalam bentuk Beta, kini Eyeo selaku pengembang aplikasi pemblokir iklan AdBlock Plus menghadirkan aplikasi tersebut secara resmi ke platform Android dan iOS.

Adblock Plus di perangkat mobile tersedia dalam bentuk aplikasi browser sendiri dengan nama AdBlock Browser. Berbeda dengan platform PC/desktop, AdBlock Plus hadir sebagai plug-in browser-browser populer.

Sama dengan pengalaman di desktop, AdBlock Browser untuk mobile juga memungkinkan penggunanya browsing lebih cepat tanpa harus melihat atau menjalankan iklan.

Pengguna juga tetap bisa membuat whitelist, situs-situs mana saja yang tetap dibolehkan menampilkan iklan.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (9/9/2015), aplikasi tersebut diklaim oleh pngembangnya bisa memberikan pengalaman browsing lebih cepat, selain menghemat daya baterai dan data mobile.

Sebelumnya, AdBlock Plus sempat dilarang oleh Google untuk beredar di Play Store, begitu pula dengan aplikasi pemblokir iklan lainnya.

Bedanya kali ini, pengembang menghadirkan aplikasi AdBlock sebagai browser sendiri, bukan sebagai plug-in untuk browser-browser lain. Karena itu, Google membolehkannya beredar di Play Store.

Sementara di plaform iOS, pengembang merilis aplikasi ini sebagai antisipasi sebelum iOS 9 banyak beredar. Seperti diberitakan sebelumnya, Apple juga mengizinkan aplikasi browser pemblokir iklan ini di sistem operasi iOS 9.

AdBlock Browser untuk Android bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini. Sementara untuk platform iOS bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com