Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi iPad Pro, Secanggih Apa?

Kompas.com - 10/09/2015, 09:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple akhirnya merilis tablet terbarunya, iPad Pro secara resmi dalam sebuah acara yang berlangsung di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, AS, Kamis (10/9/2015) dini hari WIB. Seperti apa spesifikasi tablet baru Apple tersebut?

Pertama-tama, iPad Pro menjadi tablet iPad terbesar yang pernah dibuat Apple, dengan bentang layar 12,9 inci dan teknologi Retina display khas Apple.

Tablet dengan ketebalan 6,9 mm dan bobot 700-an gram tersebut di dalamnya mengusung prosesor 64-bit Apple A9X dengan fabrikasi 16 nm.

Prosesor tersebut dikatakan oleh Phill Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple di acara peluncuran, memiliki kinerja 1,8 kali lebih baik dibanding prosesor A8X sebelumnya.

Selain itu, terdapat pula motion processor M9 untuk mengoleksi dan mengolah data dari sensor-sensor yang dimiliki iPad Pro.

Pantauan KompasTekno lewat siaran streaming peluncuran, Schiller tidak menyebut secara pasti berapa kapasitas memori RAM yang diusung oleh iPad Pro. Sementara dalam hal kapasitas penyimpanan internal, terdapat model 32 GB dan 128 GB.

Urusan kamera, Apple memasang kamera iSight 8 megapiksel dengan lensa 5 elemen yang memiliki diafragma f/2,2, disertai fitur lampu flash True Tone dan kemampuan merekam video dalam resolusi 4K.

Pihak Apple juga tidak merinci berapa kapasitas baterai iPad Pro, namun di atas panggung, Schiller mengklaim baterai iPad Pro bisa bertahan selama 10 jam untuk menonton video atau browsing web.

Dari segi audio, iPad Pro kini dilengkapi dengan speaker di keempat sudutnya. "Empat speaker ini akan menyeimbangkan suara stereo tergantung bagaimana Anda memegangnya," kata Schiller.

Dan yang tidak kalah penting, iPad Pro kini juga dilengkapi dengan pena stylus yang oleh Apple diberi nama Pencil yang dijual terpisah.

Fitur lain yang dimiliki iPad Pro adalah konektivitas Wi-Fi 802.11ac, LTE hingga 150 Mbps, Bluetooth 4.0, sensor sidik jari Touch ID dan menjalankan sistem operasi iOS9 dengan fitur multitasking.

iPad pro juga bisa dipadukan dengan keyboard khusus bernama Smart Keyboard, yang tentunya dijual terpisah. Tablet terbaru Apple ini tersedia dalam tiga pilihan warna, emas, perak, dan abu-abu.

Berikut daftar spesifikasi singkat iPad Pro:
Tebal: 6,9 mm
Bobot: 0,7 kg
Layar: 12,9 inci Retina display
Prosesor: 64-bit 16-nanometer Apple A9X, M9 motion coprocessor
Penyimpanan: 32/128 GB
Kamera: 8-megapiksel, iSight camera, f/2.2,
Konektivitas: Wi-Fi 802.11ac dengan MIMO, LTE 150 Mbps, Bluetooth 4.0
Sensor: Touch ID
Sistem operasi: iOS 9
Warna: Gold, Silver dan Space Gray

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com