Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seedstars World Jakarta "Jembatan" ke Dana Jutaan Dollar AS

Kompas.com - 12/09/2015, 15:30 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Ajang Seedstars World (SSW) Jakarta kembali digelar tahun ini. Kompetisi startup untuk "pemula" ini digelar pada hari Minggu, 13 September 2015 dan memperebutkan hadiah berupa investasi uang tunai dengan total nilai sebesar 1,5 juta dollar AS.

"SSW adalah platform untuk menghubungkan para investor kepada para founder startup masa depan yang berasal dari Sillicon Valley hingga Eropa Barat," tutur Alisee de Tonnac, CEO SSW, seperti KompasTekno rangkum dari keterangan pers, Sabtu (12/9/2015).

Tahun ini, ajang SSW akan berfokus pada industri travel dan fintech (financial technology) dengan menciptakan jalur STARS bagi kedua bidang industri tersebut yang berjalan paralel menuju tahap akhir kompetisi global.

Adapun, kriteria startup yang diperbolehkan untuk mengikuti ajang ini adalah perusahaan rintisan digital yang baru berusia kurang dari 2 tahun, memiliki investasi di bawah 500.000 dollar AS, memiliki kemungkinan untuk menjadi MVP, dan mampu memberikan solusi untuk isu-isu regional, serta mengembangkan produk menguntungkan bagi pasar global.

"Sejujurnya kami berpikir bahwa cara terbaik untuk memberikan pengaruh yang baik di negara-negara berkembang adalah dengan memberikan investasi dan mempromosikan kewirausahaan. Kami berharap bisa melihat bagaimana evolusi startup dengan level yang berbeda-beda dalam jangka waktu setahun dan juga startup-startup baru di negara ini," lanjut Tonnac.

Nantinya, startup pemenang dari wilayah regional akan berlomba untuk memenangkan investasi sebesar 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 7 miliar, sesuai dengan jenis industri.

Semua pemenang regional dari acara lokal akan diundang ke Swiss di mana mereka akan kembali berkompetisi untuk tahap terakhir pada bulan Februari 2016.

Dua hadiah sebesar 500.000 dollar AS telah ditambahkan dengan adanya penambahan jalur untuk travel dan fintech tadi. Dengan demikian total hadiah investasi yang ada pada SSW adalah sebesar 1.5 juta dollar AS dan juga beragam hadiah lainnya.

Sebelas startup terbaik di Indonesia diundang untuk mendapatkan kesempatan berkompetisi di tahap terakhir untuk tingkat regional.

Jebolan dari kompetisi ini terbukti bisa berkembang dengan baik. Pemenang Seedstars World di Jakarta tahun lalu, eFishery, startup yang memproduksi alat pemberi makan ikan secara otomatis untuk segala jenis ikan dan udang dari Bandung, belum lama ini berhasil mendapatkan pendanaan pre-series A dan siap untuk dikembangkan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com