Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Anti-Air, Jangan Asal "Cemplung"

Kompas.com - 14/09/2015, 08:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu fitur khas dan unggul dari lini Sony Xperia adalah ketahanan air (waterproof). Dengan fitur itu, pengguna smartphone pabrikan Jepang tersebut diklaim tak perlu melindungi ponsel kala diguyur hujan.

Begitu pula ketika pengguna ingin menjepret gambar di dalam air (underwater). Tak perlu aksesori tambahan untuk melindungi ponsel. Setidaknya hal itu yang selama ini digemborkan Sony melalui iklan-iklannya.

Namun, Sony tiba-tiba mengimbau para pengguna Xperia untuk tak menggunakan ponsel kala melakukan aktivitas di bawah air. Hal tersebut tertera pada situs Sony Mobile.

"Peringkat IP pada perangkat kalian dihasilkan dari kondisi laboratorium dengan mode standby. Jadi, jangan gunakan ponsel di bawah air, misalnya untuk menjepret gambar," begitu tertulis pada situs Sony, sebagaimana dilaporkan KompasTekno, Sabtu (12/9/2015).

Lebih spesifik, Sony menganjurkan penggunanya untuk tidak menggunakan Xperia ketika menyelam atau snorkeling.

Selama ini, Sony mengandalkan sertifikasi IP68 yang dimiliki. Sertifikasi itu menjamin bahwa ponsel Sony akan aman dari serangan air dan debu. Namun, pada situs, Sony mengatakan bahwa sertifikasi tersebut diperoleh pada kondisi khusus di labortorium.

"Perangkat Sony yang dites untuk kemampuan waterproof ditempatkan di dalam kontainer berisi air tenang dengan kedalaman di bawah 1,5 meter," kata Sony.

Artinya, pada kondisi goncangan air kolam, ketika banyak orang lain yang berenang dan bergerak, Sony tak bisa menjamin waterproof tersebut masih bekerja sebaik pengetesannya.

Untuk pengaturan pemakaian fitur waterproof selengkapnya, Anda bisa berkunjung ke situs Sony.

Tampaknya Sony ingin lebih berhati-hati dan menghindarkan pengguna dari hal-hal yang tak diinginkan terkait pemanfaatan waterproof. Padahal, sejauh ini belum terdengar keluhan serius dari pengguna Xperia tentang fitur anti air tersebut.

Kehati-hatian Sony di situs tampaknya tak berlaku pada iklan-iklan yang ditampilkan. Berikut dua contoh iklan Sony yang memperlihatkan kemapanan dan kemantapan perangkat tersebut dijajal di bawah air.

Xperia Blog Xperia Z3

Xperia Blog Xperia Z1


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com