Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Hadirkan Kamera Canggih Khusus Drone

Kompas.com - 14/09/2015, 11:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - DJI mengumumkan dua unit kamera micro four thirds yang dapat dipasangkan pada drone Inspire. Ini adalah kamera canggih pertama yang dirancang khusus untuk drone dan mampu merekam dalam resolusi 4K.

Perusahaan drone terbesar dunia itu menyebut kedua kamera itu sebagai Zenmuse X5 dan X5R. Kamera tersebut dirancang khusus untuk digunakan di udara dan sebagai tambahan, memiliki dynamic range sampai 13 stop, resolusi 16 megapiksel, merekam video 4K dalam 24fps atau 30fps, serta bisa dipakai memotret.

Hal menarik dari kamera tersebut adalah, pengguna diberi pilihan empat lensa wide dari DJI, Panasonic, dan Olympus. Dengan demikian pengguna, terutama para videografer profesional, punya pilihan yang lebih banyak ketimbang hanya menggunakan kamera bawaan drone atau GoPro.

Dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Senin (14/9/2015), Zenmuse X5 akan lebih dulu diluncurkan dan setelahnya X5R. Keduanya memiliki ukuran sensor dan pilihan lensa yang sama.

Bedanya, X5R bakal dibekali slot tambahan untuk menyematkan SSD berkapasitas 512GB di bagian atas lempengan wadah kamera. SSD tersebut berguna untuk menyimpan hasil rekaman video 4K lossless atau tanpa kompresi dengan bitrate 1,7 Gbps.

"Untuk mencapai kualitas video seperti yang dimiliki Zenmuse X5 dan X5R ini, umumnya pilot drone harus membeli perangkat rumit serta mengeluarkan ratusan ribu dolar AS," ujar CEO sekaligus founder DJI, Frank Wang.

"Sekarang tidak perlu membuat alat-alat itu sendiri. Pilot drone cukup memasang Zenmuse X5 series ke Inspire 1 milik mereka dan terbangkan. Ini sangat menghemat waktu dan lebih mudah diatur," imbuhnya.

Tapi jangan berharap semua peralatan canggih itu dibanderol murah. Sebuah drone DJI Inspire 1 dengan Zenmuse X5 dan lensa DJI 15mm f/1.7 dibanderol seharga 4.499 dollar AS atau setara Rp 64 juta.

Sedangkan untuk kamera Zenmuse X5 saja, dijual terpisah dengan harga 2.199 dollar AS atau setara Rp 31 juta. Sedangkan paket drone Inspire 1 dengan Zenmuse X5R akan mulai tersedia pada kuartal empat seharga 7.999 dollar AS atau sekitar Rp 113 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com