Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Spesifikasi iPhone 6s yang Masih Disembunyikan Apple

Kompas.com - 14/09/2015, 15:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Twitter
KOMPAS.com - Ada yang kurang dari acara peluncuran Apple minggu lalu. CEO Apple Tim Cook tidak membeberkan spesifikasi iPhone 6s, 6s Plus, dan iPad Pro secara komplet, terutama menyoal memori RAM yang diusung masing-masing.

Kini, pengguna Twitter Hamza Sood (@hamzasood) dengan menggunakan software development tools Xcode mengungkap besaran memori RAM dari masing-masing perangkat di atas.

Dalam kicauannya pada 13 September itu, seperti dikutip KompasTekno, Senin (14/9/2015), Hamza Sood menungkap spesifikasi RAM iPhone 6s dan 6s Plus meningkat menjadi 2 GB. Begitu pun untuk iPad Pro, memori RAM-nya meningkat 100 persen.

"Seperti diduga, Xcode mengonfirmasi iPhone 6s (dan 6s plus) memiliki RAM 2 GB, dan iPad Pro 4 GB," demikian kicaunya.

Sebelumnya, iPhone 6 diketahui hanya menggunakan RAM 1 GB, sedangkan iPad Air menggunakan RAM 2 GB.

Peningkatan RAM dua kali lipat ini memang dibutuhkan, mengingat ada beberapa aplikasi yang harus dijalankan ulang (relaunch) secara terus-menerus dalam hardware, terutama pada iPhone 6 Plus.

Jumlah RAM menentukan berapa banyak data aplikasi yang bisa disimpan dalam perangkat pada satu waktu. Semakin tinggi angka RAM, maka pengalaman menggunakan sistem akan lebih lancar.

Apple telah lama bertahan dengan memori RAM 1 GB sejak iPhone 5 diluncurkan pada 2012 lalu. Bahkan iPhone 6 dan 6 Plus yang diluncurkan Apple pada akhir tahun lalu juga masih menggunakan RAM 1 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com